Apa Saja Manfaat Buah Pinang dan Risiko Penggunaannya?

Mengunyah pinang, bagi masyarakat zaman dahulu seringkali dianggap menyehatkan untuk kondisi gigi. Benarkah manfaat buah pinang untuk kesehatan ini dapat dibuktikan secara ilmiah?

Manfaat buah pinang sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan kesehatan gigi. Buah ini bahkan juga didapuk dapat membantu meningkatkan libido. Hanya saja, pinang memang sudah jarang digunakan, karena risiko efek samping yang akan muncul, cukup besar.

Mengulik potensi manfaat buah pinang

Di balik rasanya yang pahit, buah pinang ternyata dianggap menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut ini pejelasan lebih lengkap mengenai manfaat

buah pinang untuk Anda.

1. Mencegah gigi berlubang

Alasan banyak orang zaman dahulu mengunyah pinang, salah satunya adalah karena buah ini dipercaya bisa menguatkan gigi.

Memang, buah pinang dapat membantu mengurangi kadar bakteri penyebab gigi berlubang di mulut. Meski begitu, mengunyah pinang bisa membuat warna gigi berubah menjadi kuning, merah, bahkan cokelat kehitaman. Risikonya pun tidak sepadan dengan manfaat buah pinang yang satu ini.

2. Mengatasi mulut kering

Mengunyah buah pinang juga dapat memicu keluarnya air liur. Sehingga, kebiasaan ini bisa memberikan manfaat untuk orang yang memiliki mulut kering. Namun, karena efek

yang bisa muncul akibat mengunyah pinang cukup berbahaya, maka cara lain yang lebih aman sebaiknya jadi pilihan.

3. Mengurangi gejala skizofrenia

Buah pinang juga dinilai dapat membantu mengurangi gejala yang muncul pada penderita Skizofrenia. Hanya saja, buah ini dapat memberikan efek samping lain berupa tremor dan kaku tubuh pada penderita skizofrenia.

4. Membantu penyembuhan stroke

Manfaat buah pinang lain yang mungkin belum diketahui banyak orang adalah membantu proses penyembuhan stroke. Buah ini dipercaya dapat membantu memperbaiki kemampuan bicara, fungsi kandung kemih dan kekuatan tubuh pasien stroke.

5. Meningkatkan energi di tubuh

Buah pinang dapat memberikan energi dan stamina sekaligus euforia. Sehingga, buah ini seringkali dipercaya sebagai buah penambah energi. Bahkan, ada beberapa orang yang menggunakan buah pinang sebagai stimulan untuk menambah libido.

6. Meredakan gangguan kecemasan

Satu lagi manfaat buah pinang untuk kesehatan mental adalah untuk membantu meredakan gejala depresi. Sebab, buah pinang dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon penyebab stres.

Beberapa potensi manfaat buah pinang di atas, masih perlu dibuktikan dengan penelitian lanjutan. Oleh karena itu, saringlah informasi mengenai manfaat buah pinang dengan lebih bijak. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan buah pinang sebagai pilihan pengobatan.

Hati-hati, kebiasaan mengunyah pinang bisa picu kanker mulut

Saat ini, para pakar kesehatan telah mengeluarkan imbauan keras, agar masyarakat menjauhi kebiasaan mengunyah pinang. Sebab, apabila dilakukan dalam jangka waktu lama, kebiasaan ini bisa memicu timbulnya kanker mulut.

Itulah sebabnya badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah menetapkan buah pinang sebagai buah yang bersifat karsinogen. Karsinogen adalah zat yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Selain kanker mulut, mengunyah pinang juga berisiko menimbulkan beberapa penyakit dan kondisi lain, seperti:

  • Oral submucous fibrous, yaitu suatu kondisi yang membuat mulut menjadi kaku, sehingga rahang sama sekali tidak bisa digerakkan
  • Iritasi gusi
  • Perubahan warna gigi
  • Peningkatan risiko penyakit jantung, sindrom metabolik, dan obesitas
  • Interaksi dengan suplemen atau obat yang sedang dikonsumsi, sehingga obat yang dikonsumsi menjadi kurang efektif

Buah pinang juga bisa menyebabkan kecanduan dan gejala putus obat atau sakaw. Para wanita, terutama wanita hamil, harus waspada terhadap penggunaan buah pinang, karena bisa menyebabkan masalah reproduksi dan memicu bayi lahir dengan berat badan rendah.

 

 

Cc :www.sehatq.com

Ingin Mengatasi Migrain? Coba Lakukan 4 Jenis Olahraga Ini

Sakit kepala sebelah atau migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang berpotensi dapat menghambat aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Ya, walaupun hanya menyerang setengah atau sebagian kepala, migrain umumnya akan diikuti oleh berbagai gejala lainnya. Sebut saja mual, muntah, hingga merasa sensitif terhadap paparan cahaya dan suara.

Beberapa orang mungkin memilih untuk meminum obat pereda sakit kepala untuk mengatasi migrain. Namun, tidak selalu meredakan migrain dengan obat, ada berbagai gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala migrain. Apa sajakah itu?

 

 

Berbagai jenis olahraga untuk mengatasi migrain

Tak banyak yang tahu bahwa jenis olahraga tertentu dapat membantu mengatasi migrain dengan mengurangi intensitas dan frekuensi munculnya gejala.

Olahraga dapat merangsang tubuh dalam memproduksi hormon endorfin yang berpengaruh positif terhadap rasa nyeri dan berfungsi sebagai antidepresan alami (enkephalin). Dengan begitu, frekuensi penggunaan obat migrain yang dikonsumsi sehari-hari (obat profilaktik) dapat berkurang.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan saat migrain? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Olahraga aerobik atau latihan kardio

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa melakukan olahraga aerobik ringan secara rutin dapat mengatasi migrain yang kerap kambuh.

Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang membutuhkan banyak oksigen dan melibatkan otot-otot tubuh. Akibatnya, pernapasan maupun detak jantung biasanya akan meningkat dengan cepat selama Anda melakukan aktivitas fisik ini.

Beberapa contoh olahraga aerobik yang dapat dilakukan untuk mengatasi migrain adalah jalan cepat, jogging, renang, menari, dan bersepeda.

Olahraga aerobik dapat dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Anda dapat melakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang minimal selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Selanjutnya, Anda dapat meningkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Selain meredakan migrain, olahraga aerobik memiliki manfaat yang baik untuk jantung, sistem pernapasan, dan sistem peredaran darah Anda.

2. Yoga

Jenis olahraga yang dapat mengatasi migrain lainnya adalah yoga. Berbagai postur yoga dapat membuat tubuh terasa bugar, memberikan ketenangan, mengatasi kecemasan dan depresi, serta mengurangi rasa nyeri.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2014 membuktikan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat mengurangi intensitas dan frekuensi munculnya gejala penyakit pada penderita migrain.

Dari sekian banyak gerakan yoga, ada beberapa postur yang dianggap ampuh dalam meredakan migrain. Pose yoga tersebut di antaranya:

  • Child’s pose;
  • Bridge pose;
  • Downward facing dog;
  • Corpse pose.

3. Pilates

Pilates adalah jenis olahraga lainnya yang diyakini dapat mengatasi migrain. Pilates bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan dan daya tahan tubuh.

Selain meredakan migrain, gerakan pilates juga dipercaya dapat mengurangi nyeri leher dan punggung serta membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi tubuh.

4. Latihan kekuatan tubuh

Latihan kekuatan tubuh atau strength training adalah jenis olahraga untuk mengatasi migrain yang juga dapat dilakukan.

Para peneliti mengemukakan bahwa latihan kekuatan dapat meredakan sakit kepala akibat migrain dengan cara memperkuat otot leher, punggung, dan bahu. Otot-otot pada area ini memang kerap kali terasa tegang akibat duduk dalam waktu yang lama.

Latihan kekuatan juga dapat melancarkan peredaran darah dan membantu Anda agar dapat bernapas dengan lebih efektif.

Beberapa contoh latihan kekuatan tubuh, meliputi push upsit upsquat, dan mengangkat barbel.

Perhatikan hal ini sebelum penderita migrain berolahraga

Bagi Anda yang kerap mengalami kekambuhan migrain, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk berolahraga.

  • Pilih jenis olahraga yang Anda sukai. Anda dapat menentukan jenis olahraga mana yang paling Anda sukai. Lakukan olahraga dengan frekuensi dan intensitas ringan dan tingkatkan durasi dan frekuensi secara bertahap.
  • Tingkatkan intensitas olahraga Anda. Tak ada salahnya untuk meningkatkan intensitas olahraga berada pada tingkat sedang. Intensitas olahraga sedang dapat memperkuat otot, tulang, sendi, dan ligamen.
  • Cukupi kebutuhan asupan makanan. Makan makanan yang kaya akan protein dapat dikonsumsi sebelum Anda berolahraga. Untuk menghindari perut kram saat berolahraga, Anda dapat makan 90 menit sebelum melakukan olahraga.
  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh agar tercukupi, baik sebelum, saat dan sesudah berolahraga. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum olahraga. Sebelum melakukan jenis olahraga apa pun, Anda disarankan untuk melakukan pemanasan selama kurang lebih lima menit.
  • Lakukan pendinginan setelah olahraga. Setelah melakukan olahraga, lakukan pendinginan dengan berjalan kaki atau peregangan untuk mengurangi nyeri otot.
  • Hindari melakukan olahraga saat cuaca sedang terik-teriknya. Sebaiknya, Anda melakukan olahraga di pagi hari atau sore hari.
  • Konsultasikan ke dokter mengenai obat migrain yang Anda minum. Beberapa jenis obat migrain mempunyai efek samping yang dapat memengaruhi detak jantung, tekanan darah, dan otot tubuh. Oleh karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga untuk mengatasi migrain.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, melakukan olahraga untuk mengatasi migrain dapat Anda lakukan secara optimal. Perlu diingat, jika sudah merasa lelah, jangan paksa tubuh untuk terus berolahraga.

 

 

Cc : https://www.sehatq.com

TETAP SEHAT DI MUSIM HUJAN

 

 

 

 

cc : https://rssyarifhidayatullah.com

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Semua orang tahu bahwa manfaat olahraga yang utama adalah membuat tubuh lebih sehat. Selain tubuh yang sehat, tahukah Anda bahwa khasiat olahraga juga baik untuk kesehatan mental?

Meski banyak orang sudah tahu mengenai khasiat olahraga, beberapa orang masih enggan untuk melakukannya. Beberapa kondisi yang membuat masyarakat enggan melakukan olahraga karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Melewatkan waktu berolahraga adalah cara hidup yang tidak sehat di mana keseimbangan aktivitas dengan pola makan dan tidak adanya olahraga bisa mengakibatkan tidak adanya keseimbangan di dalam tubuh.

Kondisi ini mengakibatkan daya tahan tubuh akan menurun dan pola makan yang tidak teratur. Apalagi ditambah dengan pola makanan yang tidak sehat di mana bisa mengakibatkan munculnya penyait-penyakit di dalam tubuh.

Menurut Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona, manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh tidak hanya terkait dengan kondisi fisik, menurutnya manfaat olahraga yang bisa dirasakan adalah membuat pikiran lebih jernih dan mengurangi ketegangan.

Landers mengungkapkan terdapat lima alasan kenapa olahraga baik untuk kesehatan  mental, di antaranya:

1. Olahraga mengurangi stres

Setiap manusia normal pernah mengalami stres atau ketegangan, beberapa faktor yang menimbulkan stres seperti masalah ekonomi, masalah pergaulan atau retaknya hubungan suami istri, urusan kantor yang tidak pernah selesai, ujian akhir yang akan dihadapi, keputusan salah yang telah diambil atau mungkin keragu-raguan untuk mengambil keputusan.

Bagaimana caranya Anda dapat menghindari stres? Jawabannya adalah berolahraga. Manfaat olahraga dapat membantu tubuh mengurangi kegelisahan hingga meredam kemarahan.

Alasannya, saat jantung Anda bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan yang membuat Anda stres. Selain dapat mengalihkan pikiran, manfaat olahraga seperti aerobik juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya Anda dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah.

Aktivitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah berjalan kaki, bersepeda, renang, joging dan yoga.

2. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak

Sudah bukan rahasia lagi kalau kegiatan fisik yang rutin dilakukan bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan tentunya kesehatan mental Anda. Hal ini dikarenakan tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak.

Para ahli sepakat jika otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

3. Olahraga dapat melawan penuaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh adalah mencegah penurunan daya kerja otak pada mereka yang sudah lanjut usia. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki.

Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Hasil terbaik akan didapat dengan berjalan kaki rutin selama sembilan minggu.

4. Penyalur saraf otak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang otak alfa sudah lama diketahui berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti pada waktu bermeditasi.

Gelombang alfa ini terlihat pada seorang yang joging 20 sampai 30 menit. Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

5. Olahraga meningkatkan rasa bahagia

Banyak orang yang terkena depresi memakai obat penenang sebagai jalan keluar. Akan tetapi, obat penenang bukanlah jalan satu-satunya. Jalan menuju kebahagian secara alami dapat diraih dengan menggerakkan tubuh secara rutin.

Manfaat olahraga ini terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang semuanya merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati.

Sebuah survei di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktivitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Universitas Duke mengungkapkan, 60% penderita depresi yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama enam bulan, dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter.

Namun bagi penderita depresi yang berat tentu tidak bisa begitu saja lepas dari obat-obatan. Hanya saja banyak dokter sekarang yang memasukkan kegiatan olahraga dalam resep pengobatan disamping obat penenang medis.

Nah, itulah manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan. Masihkah Anda ragu untuk mendapatkan khasiat olahraga?

 

cc : https://doktersehat.com

7 Olahraga menyenangkan yang nggak bikin capek

Sebagian orang malas berolahraga karena alasan malas capek. Tapi, dengan 7 olahraga ini, dijamin capekmu nggak akan terasa karena kamu udah fokus sama yang lain lagi yaitu kepuasan. Yuk simak 7 olahraga menyenangkan yang nggak bikin capek ini!

 

Berenang

Banyak yang malas berolahraga karena alasan malas berkeringat. Padahal, solusinya gampang banget. Kalau lari dan bermain tennis akan membuatmu berkeringat, hal tersebut nggak berlaku saat berenang, kan? Saat berenang, kamu bakalan berada di dalam air yang malahan bikin kamu adem dan juga segar.

Hiking

Sebagian orang pasti malas untuk lari mengitari komplek di sore hari ataupun ikut CFD-an di hari minggu pagi. Tapi, kalau untuk hiking, kamu pasti semangat dan rela bangun pagi demi cepat-cepat pergi, kan? Meskipun lelahnya hiking itu jauh lebih besar dibandingkan dengan lari dan bahkan saat hiking kamu nggak bisa menyerah gitu aja karena kamu harus turun gunung lagi, tapi banyak orang yang lebih menyukai hiking dibandingkan harus lari sore atau lari pagi.

Nah, salah satu alasan hiking menjadi lebih favorit dibandingkan lari dan olahraga yang lebih mudah lainnya adalah saat hiking kamu nggak cuma bisa berolahraga, tapi juga bisa menikmati pemandangan alam, berkumpul bersama teman dan juga menghirup udara segar.

Jadi, buat kamu yang malas berolahraga, coba deh mulai untuk rutin hiking bareng teman-teman. Paling nggak, sebulan sekali! Sambil travelling, bisa sambil berolahraga juga kan!

Bersepeda

Cara mudah yang bisa kamu lakuin untuk berolahraga adalah bersepeda untuk berangkat dan juga sepulang kerja kalau rumahmu nggak terlalu jauh dari kantor. Usahakan untuk berangkat lebih pagi agar belum ketemu macet, polusi, panas dan juga masih berkesempatan untuk menghirup udara segar. Toh, waktu pergi dan pulangmu nggak kena panas matahari, kan? Jadi kamu bisa jadi lebih nyaman saat bersepeda.

Kalau weekend, coba habisin waktu pagi atau sore untuk mengitari spot-spot menarik di kotamu menggunakan sepeda. Pasti seru!

Panjat tebing

Kegiatan panjat tebing selalu jadi kegiatan yang seru dan menarik. Untuk kamu yang hobi tantangan, pasti panjat tebing jadi salah satu kegiatan yang menjadi favoritmu. Tapi, tanpa kamu sadari, kegiatan panjat tebing juga merupakan salah satu olahraga juga lho yang melatih seluruh bagian tubuh dan juga menjaga keseimbangan. Selain menantang, kalau spot panjat tebingmu berada di alam terbuka, kamu juga berkesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang indah.

Lempar cakram

Mau melampiaskan emosi sekalian berolahraga? Gampang banget. Waktu SD pasti kamu pernah ikut latihan lempar cakram, deh. Lempar Cakram emang nggak terlalu populer di Indonesia. Tapi, lempar cakram ini menarik dan juga bisa membantumu melampiaskan emosi, lho. Selain sehat jasmani, kamu juga bisa sehat rohani.

Gymnastic

Coba sesekali main ke tempat gymnastic, deh. Tempatnya asyik dan menarik, bahkan bukan kayak lagi olahraga, tapi lagi main-main. Untuk pertama kali, mungkin kamu perlu pelatih dulu untuk menghindari hal yang nggak diinginkan. Lama-lama, pasti ketagihan deh karena seru!

Dance

Siapa yang sih yang nggak suka nge-dance? Buat kamu yang malas berolahraga, coba nge-dance aja deh. Berkeringat memang, tapi pasti fun banget, apalagi kalau udah menguasai tariannya dan bahkan ikut turnamen. Biar maksimal, coba ikutan nge-dance-nya gabung sama komunitas. Kalau nge-dance, sih, karena semua badan bergerak, dijamin berat badan turun lebih cepat.

 

 

cc : https://www.shopback.co.id/

4 gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit

Gerakan sederhana untuk mengecilkan  bunc perutit bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa melakukannya di mana saja, karena gerakan-gerakan ini tidak memerlukan alat khusus dan tidak perlu area yang luas.

Selain itu, melakukan gerakan sederhana ini juga tidak akan menghabiskan waktumu karena bisa dilakukan dalam beberapa waktu saja, asalkan sesuai dengan porsi latihan kamu. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan lagi dalam mengatasi perut buncit.

Gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit efektif dilakukan dimana saja. Dengan berbagai langkah yang cukup mudah dilakukan dan waktu yang tidak terlalu lama, kamu bisa mendapatkan kembali perut rata yang tidak buncit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019) tentang gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit

Sit up

Gerakan sederhana yang pertama tentunya adalah gerakan sit up. Sit-up bisa jadi gerakan sederhana yang ampuh mengecilkan perut jika rutin dilakukan. Berikut cara melakukannya:

– Pertama, berbaring telentang di lantai beralas matras.

– Tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai, atau tahan kaki tertekuk menggantung di udara.

– Lalu, silangkan lengan di depan dada, atau menaruhnya di belakang leher atau kepala.

– Angkat bahu kamu menuju langit-langit menggunakan otot perut dan berhenti setelah sampai agak ke atas. Kamu harus memperhatikan agar punggung kamu tidak terangkat, karena hal tersebut bisa menyebabkan otot punggu menjadi tertarik dan cedera.

– Kembalikan tubuh ke posisi berbaring, lalu ulangi lagi.

Cross Crunch

Cross crunch juga bisa dijadikan gerakan sederhana untuk mencegilkan perut selanjutnya. Selain membuang lemak, gerakan sederhana mengecilkan perut ini sekaligus membuat otot paha dan punggung kamu jadi semakin kuat. Begini cara melakukannya:

– Berbaring telentang dengan tangan dan kaki diagonal keluar, sehingga tubuh kamu membentuk huruf “X”.

– Jaga lengan dan kaki lurus, kemudian bawa tangan kanan ke arah kaki kiri kamu, kemudian tangan kiri ke arah kaki kanan kamu, lalu angkat kepala, leher, dan bahu dari tanah.

– Lakukan sebanyak satu set atau 10 repetisi lengkap.

Dalam melakukan Cross Crunch ini, kamu perlu untuk berhati-hati karena walaupun gerakannya sederhana, jika kamu melakukan gerakan yang salah, maka dapat mengakibatkan cedera

Side Plank

Selain sit up, kamu juga bisa melakukan side plank. Berbeda dengan plank biasa, olahraga mengecilkan perut ini akan menantang kamu menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku.

Gerakan ini akan membuat otot inti tubuh, termauk perut dan punggung bekerja lebih keras sehingga postur jadi lebih stabil. Begini cara melakukan side plank:

– Mulai dari salah satu sisi

– Posisi siku tepat berada di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan tubuh.

– Lalu, luruskan kaki kamu dan tumpuk keduanya. Atau kamu bisa juga menempatkan satu kaki lebih ke depan daripada kaki sisi lainnya.

– Selanjutnya, kontraksikan otot perut dengan mengangkat pinggul yang masih menempel dengan lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu hingga kaki.

– Tahan posisi menahan pinggul ini selama 30-45 detik. Kemudian turunkan kembali, dan ulangi beberapa kali.

– Ulangi pada sisi sebaliknya.

Leg Raise

Gerakan sederhana selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah leg raise. Pada gerakan ini, kamu harus bisa menaikkan kaki ke atas tanpa menekuknya sama sekali. Diperlukan kekuatan dari otot perut yang sangat besar di gerakan ini. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

– Berbaring telentang di lantai dengan kedua tangan di kedua sisi kanan dan kiri. Telapak menghadap ke lantai.

– Kemudian arahkan jari tangan kamu terbuka ke luar sambil mengangkat kedua kaki ke atas.

– Naikan kaki hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat dengan lantai. Ketika mengangkat kaki, jangan sampai lutut menekuk

– Tahan pose ini selama beberapa detik.

– Perlahan turunkan kaki kamu ke lantai.

– Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 set dengan pengulangan 10 kali tiap setnya.

 

 

cc : https://hot.liputan6.com

10 Manfaat kesehatan jika kamu rutin berjalan kaki, mau coba rasakan?

Dibandingkan dengan negara-negara lain, penduduk Indonesia tergolong kurang aktif berjalan kaki. Berdasarkan data dari laman metro, warga Hong Kong adalah yang paling aktif berjalan kaki. Mereka berjalan rata-rata 6.880 langkah per hari. Bandingkan dengan penduduk Indonesia yang hanya berjalan kaki 3.513 langkah per hari atau kurang dari itu.

Padahal, ada banyak manfaat yang tersembunyi dari berjalan kaki, lho! Apa saja manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan? Ketahui jawabannya di bawah ini!

1. Membakar kalori

Sama halnya dengan aktivitas fisik lain, berjalan kaki bisa membakar kalori. Menuru

t laman Live Strong, berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar 90-200 kalori. Kalori yang terbakar bergantung pada kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, berat badan dan medan yang dilalui (menanjak atau datar), terang laman Healthline.

2. Menurunkan kadar gula darah

Bagi kamu yang memiliki diabetes, kamu perlu membiasakan diri untuk berjalan kaki. Berjalan kaki singkat setelah makan bisa menurunkan kadar gula darah. Lakukan ini selama 15 menit dan tiga kali sehari (setelah sarapan, makan siang dan makan malam) agar gula darah turun dan insulin bekerja lebih baik, saran laman Healthline.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal jika kita terbiasa berjalan kaki. Berdasarkan penelitian yang melibatkan 1.000 orang dewasa, berjalan bisa mengurangi risiko flu. Orang-orang yang berjalan kaki 30-45 menit per hari akan mengurangi 43 persen risiko terkena flu dan infeksi saluran pernapasan atas, jelas laman Healthline.

4. Membuat suasana hati menjadi lebih baik

Ternyata, rutin berjalan kaki bisa membuat kita good mood! Menurut penelitian dalam laman Healthline, berjalan kaki bisa mengurangi gejala kecemasan, depresi dan suasana hati yang negatif. Agar memperoleh manfaat ini, kamu perlu berjalan kaki selama 30 menit per hari plus berolahraga dengan intensitas sedang 3 kali seminggu.

5. Menguatkan otot kaki

Sebagai organ tubuh utama, berjalan kaki bisa menguatkan otot-otot kaki. Betis akan menjadi kencang, tidak kendur dan membakar lemak yang ada di kaki. Agar otot kaki semakin kuat, kamu perlu berjalan kaki di medan yang menanjak. Kamu bisa melatihnya dengan berjalan menaiki tangga atau mengatur tanjakan pada treadmill.

6. Menguatkan jantung

Masih ada segudang manfaat dari berjalan kaki! Salah satunya adalah menyehatkan jantung dan sistem kardiovaskular. Menurut laman Healthline, berjalan kaki 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu bisa mengurangi 19 persen risiko penyakit jantung koroner. Risiko akan semakin berku

rang jika kita meningkatkan durasi dan jarak tempuh.

7. Meringankan nyeri sendi

Selain itu, berjalan kaki juga bisa meringankan nyeri sendi serta melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul. Berjalan kaki bisa memperkuat otot-otot yang mendukung sendi dan melumasinya. That’s why, jika kamu mempunyai penyakit radang sendi, kamu perlu berjalan kaki selama 5-6 mil dalam seminggu, saran laman Healthline.

8. Meningkatkan energi tubuh

Merasa lelah dan tak bertenaga? Alih-alih mengambil secangkir kopi, lebih baik berjalan kaki singkat selama 10 menit.

Berjalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, berjalan kaki bisa meningkatkan kadar kortisol, epinefrin dan norepinefrin yang merupakan hormon untuk membantu meningkatkan energi, jelas laman Healthline.

9. Membuat kita berpikir lebih kreatif

Bukan hanya membuat suasana hati menjadi lebih baik, berjalan kaki juga bisa menjernihkan pikiran dan membuat kita berpikir lebih kreatif. Berdasarkan penelitian, orang yang berjalan kaki, khususnya berjalan kaki di luar ruangan, akan mendapatkan lebih banyak ide dibanding mereka yang duduk, ungkap laman Healthline.

10. Bisa memperpanjang umur

Terakhir, berjalan kaki bisa memperpanjang usiamu, lho! Gak percaya? Menurut penelitian, berjalan kaki secara rutin akan menurunkan risiko kematian hingga 20 persen. Penurunan kematian ini selaras dengan penurunan risiko penyakit berat, seperti penyakit kardiovaskular atau kanker, jelas laman Healthline.

Nah, itulah 10 manfaat kesehatan yang kita peroleh jika rutin berjalan kaki. Gak perlu diragukan lagi, coba buktikan sendiri!

 

 

Cc : https://www.idntimes.com

5 Cara memilih Olahraga yang tepat dengan kepribadianmu

Seringkali kamu iri melihat teman yang kuat berolahraga selama berjam-jam dan gak lelah sama sekali. Sebaliknya kamu mudah loyo ketika mencoba olahraga yang sama dengannya. Lantas kamu berpikir kalau hidup yang dijalani ini tidak ditakdirkan untuk olahraga.

Dari sebuah studi, kepribadian seseorang itu sangat menentukan aktivitas fisik yang bisa dilakukannya. Oleh karena itu kamu harus menemukan jenis olahraga yang disukai dan sesuai dengan kepribadianmu dengan lima cara ini.

1. Seberapa tingkat kenyamanan kamu mencoba hal baru di sekitar orang lain

Mereka yang ekstrovert menyukai hal-hal yang keluar dari zona nyaman, rasa percaya diri akan meningkat jika dilihat orang lain. Karena itu, ekstrover suka berolahraga di gym, lari bersama, dan olahraga baru yang menantang dan melibatkan orang lain.

Di sisi lain ada introver itu perfeksionis dan suka menyendiri. Mereka suka menikmati kesendirian, lari solo, yoga solo, dan mengikuti video olahraga di rumah mereka sendiri dengan nyaman.

2. Apa yang menjadi tujuanmu berolahraga

Terlepas seperti apa kepribadianmu, tujuan olahraga itu penting menentukan tipe gerakan yang ingin dilakukan. Sebagai contoh, kamu ingin membuang lemak jahat di tubuh, maka olahraga yang tepat adalah olahraga dengan intensitas gerakan yang tinggi seperti aerobik, zumba, dan lainnya.

3. Apakah kamu kompetitif?

Ada orang yang memiliki tujuan olahraga hanya untuk kesehatan, tapi ada juga yang ingin menjadi yang terbaik. Mereka yang memiliki sisi kompetitif yang tinggi tentu tidak puas hanya sekadar sehat saja.

Jika begini, gak ada salahnya olahraga yang memiliki nilai kompetitif tinggi, misalnya lari dan sepeda. Dua olahraga ini termasuk sering mengadakan lomba-lomba dengan hadiah yang fantastis lho.

4. Menilik motivasi kamu yang sesungguhnya

Motivasi itu bisa didapatkan dari internal maupun eksternal, keduanya memiliki nilai positif dan negatif. Coba simak manakah yang lebih dominan untuk mengetahui olahraga yang tepat untukmu.

Misalnya orang dengan motivasi internal yang besar akan lebih memilih olahraga yang bersifat sendiri namun kompetitif dengan dirinya sendiri. Pilihan olahraga yang tepat ialah lari atau sepeda. Pada awalnya hanya ingin mencapai 5 km, namun semakin mahir melakukannya, dia akan meningkatkan tujuan akhir hingga puluhan atau ratusan kilometer.

Sedangkan untuk mereka yang mempunyai motivasi eksternal yang kuat akan membandingkan kesuksesannya dengan orang lain. Dia akan memilih olahraga yang dilakukan dengan latihan berkelompok.

5. Seberapa kamu bahagia dengan olahraga yang dilakoni sekarang

Melakukan segala sesuatu dengan bahagia itu penting dalam menggapai goals. Tidak sedikit orang yang terlalu bersemangat di awal, tapi kehilangan motivasi di tengah latihan. Jangan berhenti melakukannya, lebih baik mengambil istirahat beberapa hari atau melakukannya dengan cara yang lain.

Dari lima cara di atas, kamu bisa mengevaluasi apakah olahraga yang kamu lakukan itu cocok denganmu atau tidak. Semoga cara ini berhasil ya!

 

cc: https://www.idntimes.com

Kenali penyakit Autoimun: dari sebab, gejala, hingga cara mencegahnya

Sistem imun adalah salah satu bagian penting untuk melindungi tubuh dari partikel asing seperti bakteri dan virus. Ketika menyadari ada hal asing yang masuk, mereka akan langsung mengirimkan pasukan sel untuk menyerang. Ya, itulah yang terjadi dalam kondisi normal.

Namun pada sebagian orang, sel penyusun sistem imun tidak bisa membedakan sel patogen (pembawa penyakit) dan sel tubuh. Akhirnya mereka juga menyerang sel-sel yang sehat. Kondisi inilah yang disebut sebagai penyakit autoimun.

1. Penyakit autoimun sering menyerang wanita

Menurut penelitian dari Emerging Infectious Disease tahun 2004, penyakit autoimun diperkirakan hanya memengaruhi delapan persen dari populasi dunia. Namun 78 persen pengidapnya adalah wanita. Kenapa begitu? Ini terjadi karena pengaruh hormonal.

Jurnal yang sama mengatakan bahwa estrogen dan androgen, yang banyak ditemui pada wanita, bisa menstimulasi respons imun sehingga sulit mengenali sel tubuh. Kromosom X pada kaum hawa juga berperan dalam hal ini.

2. Ada berbagai jenis penyakit autoimun di dunia

Ada lebih dari 80 penyakit autoimun yang berbeda di dunia. Klasifikasi tersebut berdasarkan dampak penyakit dan organ mana yang diserang oleh sistem imun. Namun menurut data dari The Autoimmune Registry, ada lima jenis yang paling umum diderita masyarakat. Berikut ini daftarnya:

  • Rheumatoid arthritis (radang sendi);
  • Penyakit tiroid Hashimoto;
  • Penyakit celiac;
  • Penyakit graves;
  • Diabetes tipe 1.

3. Penyebab penyakit autoimun

Sejauh ini, penelitian yang telah dilakukan memperkirakan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Di antaranya adalah faktor genetik, riwayat penyakit autoimun pada individu, serta infeksi bakteri dan virus tertentu. Ada pula teori lain yang menunjukkan bahwa paparan zat kimia tertentu bisa meningkatkan risiko seseorang terhadap penyakit autoimun.

4. Apakah penyakit ini dapat disembuhkan dan dicegah?

Seperti yang diketahui, penyakit ini berasal dari ulah sistem imun kita sendiri. Oleh karena itu, para ahli masih kesulitan untuk menemukan obat yang dapat menyembuhkannya.

Namun jangan khawatir. Jika kondisi tersebut sudah terdeteksi sejak awal kemunculan, dokter akan memberikanmu obat pereda gejala. Dengan begitu, penyakit tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak semakin parah.

Hal yang sama juga berlaku pada cara pencegahan. Karena ia bersumber dari dalam tubuh, tidak ada yang tahu pasti bagaimana menghindari penyakit autoimun. Usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga berat badan, tidak merokok, perbanyak makan sayur dan buah, serta hindari makanan yang tidak sehat.

7 Jenis nyeri punggung yang tak boleh diabaikan, bisa Jadi tanda penyakit serius

Ada beberapa jenis sakit punggung yang tidak boleh Anda abaikan. Sakit punggung merupakan jenis nyeri yang kerap terjadi pada orang dewasa. Gejala utama sakit punggung adalah sakit atau nyeri di bagian belakang, dan terkadang sampai ke bokong dan kaki.

 

Sakit punggung nyatanya dapat menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius sedang terjadi. Sebagian orang mungkin mengabaikan sakit punggung karena akan hilang dengan sendirinya.

Dalam banyak kasus, sakit punggung ringan memang akan hilang dengan sendirinya, dan mungkin hanya pertanda Anda perlu melakukan peregangan lebih sering.

Namun, jika sakit punggung yang Anda rasakan termasuk rasa sakit baru, rasa sakit disertai dengan gejala lain, dan jenis rasa sakit yang menganggu keseharian, jangan pernah mengabaikannya.

Berikut jenis sakit punggung yang tak boleh diabaikan menurut para ahli, dilansir Liputan6.com dari Bustle, Senin(5/8/2019).

Nyeri Saat Berolahraga

Siapa pun dapat mengembangkan rasa sakit yang sedang saat berolahraga. Namun, beberapa rasa sakit selama berolahraga terutama yang terjadi ketika tidak melenturkan otot, dapat menjadi masalah.

Misalnya, jika Anda menggulung tubuh ke dalam dan merasakan sakit yang tajam di punggung, itu pertanda bahwa Anda telah menarik otot. Salah satu cedera punggung yang paling melemahkan adalah ketegangan lumbar dan bisa membuat Anda tidak bisa bergerak selama berminggu-minggu.

Jika Anda berolahraga dan menyadari rasa sakit ini, segera pergi ke dokter, Ini untuk mengurangi kerusakan dan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan.

Nyeri Yang Berlangsung Lebih dari 10 Hari

“Anda tidak boleh mengabaikan segala jenis rasa sakit yang telah berlangsung lebih dari 10 hari sebagai aturan umum,” Jason Kart, PT, DPT, CMPT, terapis fisik dan pemilik Core Physical Therapy, mengatakan kepada Bustle. Karena menunggu lebih lama dari itu dapat membuat penyembuhan menjadi lebih sulit.

Kebanyakan orang mungkin bangun di pagi hari dan memiliki kekakuan dalam jumlah tertentu sampai tubuh mereka meregang. Tapi jika Anda mengalami peningkatan jumlah rasa sakit yang memengaruhi kegiatan sehari-hari, yang terbaik adalah memeriksakannya.

Nyeri Setelah Kejadian Traumatis

Jika punggung Anda sakit setelah melalui peristiwa traumatis, seperti jatuh atau kecelakaan mobil, Anda harus memberi tahu dokter. Dari laserasi sumsum tulang belakang hingga patah tulang belakang, peristiwa traumatis benar-benar dapat menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Bahkan jika Anda dapat bangun dan berjalan tepat setelah itu terjadi.

Ketika cedera tulang belakang tidak terdiagnosis dan tidak diobati, mereka dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih besar. Jadi jangan menunggu rasa sakit bertambah parah, segera minta penanganan secepat mungkin.

Nyeri Disertai Mati Rasa dan Kesemutan

Beberapa orang menggambarkannya sebagai sensasi ditusuk jarum atau merasa mati rasa. Tetapi bagaimanapun hal itu muncul, ini biasanya menandakan masalah dengan saraf di daerah yang terkena di punggung atau leher. Jadi, jika Anda memiliki kesemutan di lengan atau kaki, disertai dengan sakit punggung, jangan abaikan begitu saja.

Berbagai kondisi dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada anggota badan, dari linu panggul hingga stenosis tulang belakang atau hernia, misalnya.

Tetapi semuanya membutuhkan diagnosis dan perawatan yang tepat oleh ahli kesehatan tulang belakang karena iritasi saraf yang berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan permanen, dan dalam beberapa kasus, kecacatan di kemudian hari.

Nyeri di Punggung dan Perut Bagian Atas

Nyeri panggul mengacu pada semua jenis nyeri di perut bagian atas, samping, dan punggung. Nyeri ini bukan rasa sakit yang dapat diabaikan begitu saja, terutama karena itu bisa menunjukkan masalah ginjal.

Nyeri ginjal dapat berasal dari kerusakan atau penyakit di ginjal. Biasanya, terasa seperti sakit tumpul di satu sisi, dan dapat terjadi bersamaan dengan demam dan gejala kemih. Jika rasa sakit ada di sisi kanan, itu juga bisa menunjukkan masalah hati.

Jika sakit di sisi kiri itu bisa berarti ada sesuatu yang terjadi dengan pankreas. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah pergi ke dokter.

Nyeri Disertai Kehilangan Kontrol Kandung Kemih

Nyeri punggung yang tampaknya juga terkait dengan hilangnya fungsi di kandung kemih atau usus juga merupakan sesuatu serius yang memerlukan perhatian medis. Kondisi tertentu dapat menyebabkan inkontinensia karena kompresi saraf di tulang belakang yang juga merambat ke dan memengaruhi organ-organ yang mengontrol fungsi kandung kemih dan usus.

Ini tidak akan terjadi secara tiba-tiba, tetapi mungkin menjadi masalah yang semakin buruk dari waktu ke waktu. Ketika saraf tulang belakang juga terlibat, Anda juga akan merasakan mati rasa atau kelemahan pada kaki.

Nyeri Disertai Demam

 

cc : https://hot.liputan6.com