Fitness adalah salah satu olahraga yang banyak di gemari umumnya kaum wanita. Tetapi juga sebagian kaum pria  melakukan fitness. Fitness adalah olahraga dimana kita harus melakukannya dengan berbagai macam gerakan dengan menggunakan beberapa alat olahraga. Biasa orang-orang melakukan fitness di tempat gym atau tempat tertentu. Namun, karena setiap orang memiliki jadwal sibuknya masing-masing tentu terkadang tidak bisa menyempatkan diri untuk datang ke gym. Dan sekarang, karena kemajuan teknologi kamu tetap bisa fitness ringan seperti push up, sit up, atau gerakan lain di rumah dengan bimbingan YouTube di internet.

Ada banyak sekali gerakan fitness ini, namun jika kamu pemula tidak harus dengan memulai dengan yang berat seperti angkat barbel. Untuk latihan pemula angkat beban yang bisa kamu lakukan sebagai pemula bisa mengangkat dua buah dumbell berukuran kecil atau sedang. Disini kamu hanya membutuhkan usaha yang sedang untuk mengangkat dumbell ini. Juga ini bisa melatih otot-otot tangan kamu. Kamu bisa membeli dumbell ini di toko olahraga atau toko online internet,dan bisa melakukan olahraga ini di rumah sendiri dengan mandiri.

Nah, jika tadi kita membahas olahraga fitness angkat beban yang harus menggunakan beberapa alat, kali ini ada juga olahraga atau gerakan fitnes yang tidak mebutuhkan alat seperti gerakan plank. Plank ini merupakan gerakan yang bisa dilakukan untuk memberi kekuatan tubuh pada bagian inti ya. Plank juga bisa memberikan efek penguatan pada otot tangan sekaligus juga bisa melatih otot pada bagian lainnya seperti, perut,paha, dan juga bahu. Plank ini sangat disarankan untuk dilakukan bagi orang-orang yang ingin melatih otot pada bagian perut dan dada, yang memiliki ukuran perut oversize bisa menggunakan metode latihan fitness ini secara rutin dan mandiri ya.

Olahraga fitness satu ini juga bisa dilakukan  oleh pemula, yaitu fitness menggunakan speda statis. Jika kamu sempat untuk berlatih di gym, dan kamu seorang pemula, kamu bisa mencoba speda statis di gym tersebut. Sama halnya, seperti kamu bermain sepeda biasa yang membedakan hanya sepeda statis ini tidak bisa dikendarai seperti sepeda umumnya. Olahraga yang satu ini banyak sekali efek baik dari melakukannya, selain membakar lemak pada tubuh sekaligus membuat tubuh menjadi lebih bugar juga meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam 1 sesi olahraga dengan sepeda statis selama 45 menit, kita bisa membakar kurang lebih 400-600 kalori sekaligus. Pembakaran kalori akan tergantung dari berat badan, beban, durasi, dan intensitas latihan.

Lalu ada olahraga gerakan fitness yang sangat banyak sekali diketahui orang-orang yaitu olahraga fitness dengan menggunakan treadmill. Dimana gerakan treadmill ini seperti jalan atau lari ditempat, hanya saja memiliki durasi dan aturan tombol tersendiri yang terletak pada tombol-tombol treadmill tersebut. Treadmill sendiri adalah bagian dari gerakan fitness yang banyak menggunakan bagian tubuh bawah yaitu kaki. Lari atau berjalan cepat di atas dengan treadmill lebih membuat diri kita fokus terhadap melakukannya. Olahraga treadmil bisa melatih otot-otot kaki, betis, dan membuat kekencangan terhadap bentuk badan. Treamill juga disarankan beberapa ahli diet untuk dilakukan bagi penderita obesitas dan yang memiliki bentuk tubuh kurang proposional. Treadmill juga bisa menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko stroke, juga mencegah osteoporosis.

Lalu ada gerakan fitness sederhana yaitu lunges, hampir sama seperti gerakan lunges memerlukan beban untuk merasakan manfaatnya. Selain menguatkan kaki dan bokong, lunges juga memiliki manfaat lain seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, meningkatkan kelnturan pada pinggul dan juga menguatkan otot perut dan punggung. Gerakan ini dilakukan tidak harus pergi ke tempat gym, bisa dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. Gerakan lunges juga bisa dilakukan sambil bersantai seperti sambil mendengar musik, menonton tv, atau saat sebelum mau tidur di malam hari. Tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jika kamu seorang pemula yang mulai meminati olahraga seperti gerakan fitness di gym, kamu bisa mencoba Leg Press. Dimana latihan ini membutuhkan alat yang ada di gym dan alat ini membutuhkan usaha dari kekuatan kaki. Leg press dilakukan untuk melatih seluruh otot pada kaki, hal yang perlu dilakukan saat leg press adalah full range motion. Beban yang disarankan untuk pemula adalah 70-90 kilogram. Dilakukan lima set dengan enam sampai dua belas repetisi. Ada baiknya, sebelum melakukan leg press kamu melakukan treadmill terelebih dahulu dua sampai lima menit sebelum melakukan leg press. Bagi kamu yang belum pernah sama sekali pergi ke gym, disarankan untuk melihat-lihat dahulu di Internet olahraga seperti apa yang cocok buat kamu ya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × one =