Protein yang baik adalah sumber dari salah satu unsur pembentukan otot, pepatah mengatakan bahwa apa yang kita makan akan mencerminkan tubuh kita. Memang benar pembentukan otot dan memperkuat massa otot dengan cara melakukan latihan-latihan yang bisa memberi efek terhadap otot. Namun, begitu pentingnya sumber protein yang berperan nantinya untuk lebih memaksimalkan pembentukan otot atau memperkuat otot.

Salah satu protein yang cukup berperan dalam masa pembentukan otot adalah sebutir telur. Telur termasuk jenis protein yang mengandung amino acid leucine yang berperan penting untuk perkembangan otot. Untuk variasi dalam mengkonsumsi telur oleh beberapa orang juga tergolong banyak. Ada yang saat mengkonsumsi telur dimasak di penggorengan terlebih dahulu, ada juga yang langsung mengkonsumsi telur setengah direbus dan langsung dari cangkangnya, lalu ada yang mengkombinasikan telur ke dalam campuran oat atau youghurt, dan variasi lainnya. Namun, perlu diketahui selain telur memiliki kandungan protein tinggi, telur juga mengandung vitamin B yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Dada ayam juga termasuk protein yang rendah lemak dibanding bagian dari paha ayam, sayap, dan bagian leher ayam. Bagi para ahli gizi, dada ayam dikonsumsi lebih baik saat di rebus tanpa garam. Saran ini baik bila dilakukan bagi orang-orang yang sedang pembentukan otot ataupun berdiet sehat. Disarankan saat mengkonsumsi dada ayam, kulitnya sebaiknya tidak ikut dimakan. Kulit ayam mengandung lemak jahat bagi tubuh.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa sumber protein lebih banyak didapat dari hewani, tetapi ternyata tidak.  Protein non hewani seperti kedelai, tahu, tempe dan greek youghurt. Juga termasuk memiliki jenis protein tinggi dan rendah lemak. Greek youhurt, termasuk protein yang tergolong lebih lambat dalam perncernaan dan lebih kenyang saat dikonsumsi tentu saja rendah lemak. Bahkan greek youghurt sendiri disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga ya. Susu kedelai juga jenis protein tinggi rendah gula dan rendah lemak yang baik dalam berperan membentuk massa otot. Ketimbang susu sapi, susu kedelai mengandung vitamin K, zat besi, dan fosfor. Nah, kandungan dari susu kedelai ini sangat dibutuhkan tubuh, guna menyalurkan oksigen ke dalam darah dan juga otot.

Nah selanjutnya, ada protein yang bisa diminum yaitu minuman nutrisi seperti Whey Protein. Bagi yang belum mengetahui protein whey ini seperti apa, protein whey adalah protein jenis suplemen kebugaran yang diminum dan berfungsi dalam membantu pembentukan otot. Protein whey sendiri memiliki kandungan asam amino esensial dan non esensial. Sebenarnya, whey protein  ini seperti limbah yang terbentuk saat proses pembuatan keju. Berbeda dengan fermentasi, selain itu nutrisi dari protein whey sendiri bisa dihasilkan dari ekstrak susu yang kemudian dijadikan campuran dalam susu formula, es krim, sampai roti. Karena memiliki manfaat tersendiri protein whey dikonsumsi beberapa orang sebagai suplemen tersendiri.

Masih dalam pembahasan protein tinggi dan rendah lemak yang baik bagi otot, protein whey ini juga baik dikonsumsi bagi orang-orang yang bertubuh kurus dan ingin terlihat berisi. Tubuh berisi yang dimaksud, tubuh dengan tampilan yang lebih sehat dan tidak over. Mungkin ada orang yang sudah berolahraga ingin membentuk berat badan ideal namun tetap terlihat kurus dan otot juga tidak terlihat, protein whey solusinya. Protein whey memang tidak murah, namun manfaat yang kamu dapat sesuai dengan harga yang dikeluarkan. Bahkan protein whey ini lebih mengenyangkan ketimbang susu bubuk biasa. Protein whey juga baik dalam mengurangi resiko kolesterol, juga mengontrol gula darah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten + 18 =