Latihan HIIT belakangan ini sudah cukup populer di tempat fitness besar maupun di internet karena tidak memerlukan banyak alat dan bisa dilakukan dimana saja. Kali ini kita akan membahas apakah latihan ini diperbolehkan untuk semua orang atau tidak. Mari kita bahas di artikel ini!!

Apa itu HIIT?

HIIT adalah High Intensity Interval Training, yaitu melakukan olahraga dengan intensitas cukup berat dalam waktu yang singkat. Saat melakukan HIIT, seseorang biasanya melakukan gerakan selama 20-60 detik, kemudian beristirahat, dan kembali melakukan gerakan lagi.

Saat melakukan latihan berintensitas tinggi, tentu saja untuk lansia sangat tidak disarankan melakukan latihan ini karena detak jantung seseorang dapat melebihi 70 persen dari Maksimal heart rate(Mhr).

Fitness level seseorang tentu berbeda-beda, ada yang pemula dan bahkan ada yang berpengalaman. Melakukan latihan HIIT sangat tidak dianjurkan bagi pemula yang baru memulai latihan fitness karena tubuh mereka belum siap dan dapat menyebabkan terjadinya cedera.

Tidak cocok untuk obesitas

Saat melakukan HIIT, pergerakan sendi sangat perlu diperhatikan. Pada orang yang memiliki obesitas, mereka harus menopang berat tubuh mereka sendiri dan memberikan stress pada sendi bagian lutut. Ada kemungkinan terjadinya cedera apabila orang yang memiliki obesitas melakukan HIIT.

Latihan HIIT tentu saja sangat ideal bagi orang-orang yang sudah sering latihan, namun kurang dianjurkan bagi lansia, obesitas, dan pemula. Latihan ini sangat efektif dalam membakar kalori dalam waktu singkat. Apabila ingin melakukan latihan HIIT ada baiknya didampingi oleh profesional.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =