Mungkin orang-orang atau kita, biasa atau sepele terhadap pola hidup yang kurang sehat. Banyak sekali penyebab mengapa itu bisa terjadi. Tubuh yang kurang bugar atau sehat biasanya ditandai dengan ciri-ciri mudah lelah, mudah ngantuk, tidak bersemangat, dan memiliki tingkat emosi yang kurang stabil. Dan memiliki ciri lainnya selain dari itu.

Belakangan ini cuaca sedang masa pancaroba, sering sekali penyakit flu dan demam menyerang. Disaat seperti inilah penting sekali menjaga pola hidup lebih teratur dan tidak lupa minum vitamin atau minuman suplemen kesehatan untuk tubuh, guna menjaga imun dalam tubuh.

Ada beberapa bentuk pencegahan untuk tubuh yang kurang sehat dan bugar. Pada umumnya seperti yang diketahui memakan-makanan bergizi, istirahat cukup, mengurangi stress dan minum air putih secukupnya. Namun, faktanya itu tetap tidak mudah untuk di lakukan. Seseorang memiliki kesibukannya masing-masing, entah itu kerja kantoran atau profesi lainnya yang membuat waktu istirahat berkurang. Selain waktu istirahat yang berkurang, saat seseorang itu pekerja kantoran bertepatan dengan waktu lembur, mereka cenderung mengonsumsi banyak caffein atau meminum kopi sebagai pencegah  kantuk atau mengantuk. Itulah mengapa ada penyebab beberapa orang atau sebagiannya tidak mudah mendapat atau mengatur pola hidup lebih baik. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, bisa di lakukan tetapi tidaklah mudah.

Saat tubuh yang kurang sehat dan bugar lebih banyak beraktivitas, menyebabkan stress berkepanangan juga bisa membuat rasa lelah berlebihan. Tetapi jika tubuh sehat dan bugar, saat beraktivitas pun mungkin tidak memberikan efek yang sangat lelah dan stress bekepanjangan. Selain itu otak yang kekurangan oksigen juga menyebabkan kantuk berlebih. Penyebab otak kurang oksigen juga bisa disebabkan oleh badan kita yang kurang bergerak dan melatih otot kardiovaskular.

Saya sendiri saat hanya bermain gadget dan tidak melakukan apa-apa disaat senggang saja, tiba-tiba kepala terasa berat dan pusing. Lalu saya mencoba sedikit jalan santai dan beraktivitas seperti menyapu, mengelap jendel, dan menyapu, rasa pusing langsung berkurang. Aktivitas ringan seperti itu juga bisa membuat tubuh menjadi lebih produktif apalagi ditambah dengan berolahraga tentu lebih banyak manfaatnya ketimbang hanya bermain gadget dan tiduran saja di kamar.

Selain dari tubuh yang kurang sehat dan bugar, kita sendiri tahu bahwa penyebab utama ini adalah ketidakdisipilnanan diri sendiri terhadap menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat sebaiknya diajarkan sedini mungkin untuk anak-anak hingga remaja sampai dewasa. Pengetahuan ini sangat di perlukan. Karena generasi yang akan datang akan lebih sehat, dan menadi sumber daya manusia yang layak dan bugar. Bukan malah sebaliknya, menjadi generasi yang penyakitan.

Dari tubuh yang kurang sehat juga memiliki gangguan tidur, dan tidak mudah untuk fokus. Sulit fokus saat melakukan sesuatu juga sebagai ciri tubuh yang kurang sehat. Saat melakukan sesuatu lebih sering merasa kosong atau yang biasa disebut bengong dan menyebabkan pekerjaan jadi lebih lama di selesaikan atau bahkan bisa membahayakan diri sendiri akibat kurang fokus. Badan yang kurang bugar juga bisa memiliki ciri yaitu sulit untuk tidur dan biasanya sering tidur larut malam atau bergadang karena kurang beraktivitas yang menyebabkan jadi tidak fokus untuk keesokan harinya saat beraktivitas. Jadi lebih baik mulai dari sekarang membuat kegiatan terjadwal dan,  memberi jadwal untuk beraktivitas olahraga salah satunya.

Itulah beberapa ciri tubuh yang kurang sehat dan bugar. Menjaga tubuh sehat dan tetap stabil adalah kondisi ideal yang tidak mudah di lakukan oleh semua orang. Namun tetap bisa di lakukan dengan berusaha. Minum air putih 8 gelas setiap harinya, memakan-makanan 4 sehat 5 sempurna, memakan suplemen atau vitamin, dan tidur cukup selama 8 jam setiap harinya. Mengurangi berpikiran negatif dan stress yang tidak perlu, juga mengurangi menggunakan gadget walaupun waktu senggang. Mulai hari-hari dengan pikiran positif dan senyum yang tulus dan menebarkan kebahagiaan juga keceriaan terhadap sesama mahluk hidup.

Dari semua pencegahan yang akan dilakukan sebaiknya mulai dengan yang mudah dahulu. Seperti mengatur jadwal tidur. Mengatur jadwal istirahat atau tidur juga sangat penting, tidur berkualitas memberikan efek saat bangun membuat tubuh menjadi segar. Tidur yang berkualitas juga bisa berpengaruh terhadap mood atau emosional yang stabil, kurang tidur bisa menyebabkan seseorang mudah marah edan emosi. Tidur selama delapan jam setiap harinya juga adalah waktu yang sangat ideal, tidak terlalu lama, dan tidak terlalu cepat durasinya. Bagi beberapa orang yang insomnia, sebelum tidur cobalah untuk beraktivitas sedikit di dalam ruangan seperti yoga atau dance ringan agar tubuh lelah dan bisa membuat menjadi mengantuk.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − two =