Setiap hari manusia memiliki aktivitas di dalam maupun di luar rumah. Sebagian aktivitas manusia banyak berperan penting dalam kehidupan masing-masing. Olahraga juga termasuk aktivitas yang cenderung menyehatkan tubuh. Bahkan mencegah ada dan timbulnya berbagai macam penyakit yang menular ataupun tidak menular. Berbahagialah bagi orang-orang yang selalu memperhatikan kesehatan tubuhnya, karena sebagian orang yang malas berolahraga memiliki kekuatan imun tubuh yang rendah. Masih banyak yang mengabaikan olahraga dan aktivitas yang membuat tubuh bugar, karena bagi mereka olahraga hanya jika memiliki waktu kosong dan itu salah. Sebaiknya, atur jadwal sedemikian rupa untuk menyempatkan berolahraga.

Kurangnya aktivitas seperti olahraga juga bisa menurunkan fungsi dan kecerdasan otak. Selain itu bila seseorang sangat jarang sekali melakukan olahraga wajah juga cenderung lebih tua dari umur yang seharusnya. Di negara maju seperti Amerika dan Jepang, dan Korea, olahraga sudah bagaikan kebutuhan pokok bagi mereka. Kebutuhan pokok yang dimaksud, dimana olahraga menjadi aktivitas wajib untuk memulai sebuah kegiatan sehari-hari. Contohnya sekolah dasar di Amerika setiap pagi memulai dengan senam irama yang ringan sebelum memulai pelajaran. Berbeda dengan sekolah dasar di Indonesia yang mengadakan senam bersama hanya ketika hari Jumat saja. Orang-orang di Negeri Gingseng yaitu Korea juga mayoritas penduduknya terkenal dengan yang namanya awet muda, salah satu bentuk pencegahan penuaan disana adalah sering pergi ke gym untuk berolahraga.

Mungkin jika kalian merasa lebih sering menguap dan mengantuk padahal sudah tidur delapan jam juga perlu ditanyakan, ada apa sebenarnya yang menyebabkan rasa ngantuk dan lelah berlebih. Yaps, salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik olahraga. Olahraga tidak hanya sehat dan baik bagi tubuh. Olahraga juga memicu timulnya hormon bahagia dan memberi efek semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Rasa kantuk berlebih juga bisa menandakan adanya diabetes. Diabetes disebabkan karena kurangnya aktivitas olahraga dan teralu banyak konsumsi manis-manis dan gula. Dengan olahraga itu semua bisa di cegah.

Untuk kamu yang sering memakan-makanan siap saji dan memiliki tubuh obesitas, tentu itu di karenakan adanya pola hidup yang kurang baik dan sehat. Sebaiknya jika kamu sangat suka makan banyak, tetap imbangi dengan gizi yang tepat dan sayur-mayur yang baik bagi kesahatan. Dan tetap imbangi dengan kegiatan olahraga, agar tidak terjadinya berbagai macam penyakit timbul karena obesitas. Saat obesitas mulai menyerang, ini bisa menyumbat kelancaran peredaran darah, dan bisa menyebabkan sesak napas secara bertahapa ataupun tib-tiba. Kondisi ini bisa berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan risiko kematian. Perlunya kamu mengetahui ini agar tidak menyesal kemudian hari.

Selain menyebabkan masalah serius terhadap kesehatan bahaya kurangnya aktivitas olahraga juga bisa meneghambat pertumbuhan sel otak dan pertumbuhan sel otot. Oleh karena itu olahraga sangat berperan penting terhadap kehidupan. Mulai dengan olahraga ringan seperti yoga atau bersepeda, dan tingkatkan kemampuan dalam melakukan olahraga lain stelahnya. Ajarkan pada generasi muda untuk memulai pola hidup sehat agar menjadi sumber daya manusia yang cemerlang dikemudian hari.

Olahraga tidak hanya dilakukan oleh pemuda dan pemudi juga dewasa saja. Bahkan olahraga juga bisa dilakukan para orang tua dan lanjut usia. Olahraga juga ada yang dirancang khusus untuk lanjut usia. Biasanya olahraga untuk lanjut usia lebih memfokuskan terhadap pencegahan penyakit jantung, juga diabetes. Tentu saat lanjut usia, adalah usia di mana itu sangat rentan dengan penyakit dari mulai yang ringan sampai penyakit berat. Mulailah untuk mengontrol gula dan sering lah untuk mengecek kesehatan, karena banyak yang menyesal saat mengetahui penyakit yang diderita ternyata sudah parah karena terlambat mengetahuinya.

Selain rajin untuk berolahraga, juga harus memperhatikan makanan dan gizi yang tepat. Bahaya akibat kurangnya olahraga juga bisa membuat diri stress. Pasalnya, karena tubuh terlalu lelah akibat fokus terhadap pekerjaan sehari-hari, bisa memicu timbulnya stress. Dari timbulnya stress ini juga bisa mengakibatkan depresi. Jika seseorang depresi dan di biarkan terlau lama, maka ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan mental dan tubuh.  Mungkin olahraga terdengar spele, tetapi banyak dampak besar nya jika olahraga masih jauh dari pola hidup setiap orang.

Olahraga sendiri juga sudah di konfirmasi sebagai bentuk pencegahan stress bagi orang yang mengalami stress. Olahraga memberikan efek rileks jika melakukannya. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki postur badan yang buruk. Banyak model-model Internasional yang rutin berolahraga hanya karena bentuk tubuh sempurna. Namun dari kebiasaan berolahraga ini, dampaknya juga sangat besar didapat. Tidak hanya mendapatkan bentuk tubuh saja, namun juga mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Apapun yang kita lakukan, kita harus mengingat bahwa tidak selamanya tubuh kita ini terus bergerak. Kita harus tetap memenuhi istirahat juga. Kapan saatnya istirahat, maka istirahatlah dengan damai dan tenang tanpa penyesalan sedikit pun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + nineteen =