Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga sudah menjadi kewajiban, terlebih di kala pandemi COVID-19 ini. Apalagi buat mereka yang memang melakukan olahraga khusus untuk membentuk badan yang lebih ideal.
Salah satu yang paling banyak jadi incaran adalah latihan otot perut demi mendapatkan tampilan yang memukau, baik pria maupun wanita. Sayangnya akibat penerapan protokol kesehatan yang ketat, banyak gym terpaksa tutup sehingga membuat latihan jadi terhambat.

Perut six pack adalah idaman banyak orang, khususnya laki-laki. Untuk mendapatkannya tentu butuh usaha dengan rutin olahraga. Namun, agar perut bisa berbentuk layaknya roti sobek, apakah kita harus ke gym? Jawabannya bisa iya dan tidak. Iya karena gym menawarkan fasilitas yang lengkap hingga kehadiran personal trainer. Setelah mendaftar, yang kamu perlukan hanya tekad dan komitmen untuk rajin mengikuti program latihan demi mencapai target. Meski demikian, tanpa jadi anggota di gym pun kamu bisa, kok, berlatih sendiri di rumah untuk membentuk perut. Sebetulnya membentuk otot inti (core) tidak selalu membutuhkan fasilitas lengkap seperti di gym. Berbekal lantai di rumah dan gerakan yang tepat, dan tentunya tekad dan komitmen, perutmu dijamin bisa six pack dan tidak buncit! Namun kalian juga harus tetap mengontrol pola makan kalian dengan diet yang seimbang.

Berbagai gerakan berikut sudah dirancang khusus sebagai cara membentuk otot perut paling efektif dengan hasil yang cepat dan mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Apakah kamu siap untuk membentuk perut six pack dan tidak buncit lagi? Kuatkan tekad, inilah latihan rutin yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. SPIDER-MAN PUSH-UP

Dinamai seperti karakter Marvel, spider-man push-up melatih otot core. Bukan hanya perut, dada dan trisep pun ikut bekerja seperti push-up pada umumnya. Dengan latihan ini, otot core jadi bekerja keras untuk menjaga keseimbangan. Ikuti langkah-langkahnya:

Lakukan posisi push-up, kaki lurus dan tubuh bertumpu pada lengan. Pelan-pelan, turunkan tubuh ke lantai dan majukan salah satu lutut ke siku di sisi yang sama (lutut kanan ke siku kanan dan sebaliknya). Jaga agar lutut dan siku tidak menyentuh lantai. Kembali ke posisi awal dan ulangi langkah kedua dengan kaki lainnya. Lakukan gerakan ini sebanyak satu set dengan 15 repetisi.

2. LEG RAISE

Latihan otot perut pertama ini dilakukan dengan cara berbaring di atas matras atau alas pelindung supaya terhindar kotoran di lantai. Leg raise dilakukan dengan cara mengangkat kedua kaki tegak ke atas atau 90 derajat lalu turunkan perlahan tanpa menyentuh lantai. Lakukan leg raise sebanyak 3 set dengan masing-masing terdiri dari 10 repetisi.

3. ARMS-HIGH PARTIAL SIT UP

Berikutnya arms-high partial sit up yang dapat kamu coba jika bosan dengan rutinitas olahraga yang itu-itu saja. Posisi lengan direntangkan ke atas secara lurus sambil melakukan sit up biasa. Pastikan kedua kakimu tetap berada lurus dan bokong tidak terangkat ketika memulai arms-high partial sit up.

4. CRUNCH

Crunch adalah salah satu latihan otot core yang sangat efektif. Terlihat mirip dengan sit-up, bedanya adalah pada crunch kamu tetap tetap menjaga punggung bawah menempel di lantai. Memang, di beberapa pusat kebugaran, ada alat untuk melakukan crunch dibarengi pemberat. Namun di rumah pun kamu juga bisa melakukannya. Ikuti langkah-langkahnya :
Berbaring telentang dengan lutut ditekuk pada sudut siku-siku atau 90 derajat, dan letakkan tangan di kedua sisi atau belakang kepala. Dorong punggung bawah ke lantai dan angkat bahu beberapa sentimeter dari lantai. Pastikan punggung bawah tetap menempel dengan lantai selama latihan. Kencangkan otot perut saat mencapai puncak gerakan (saat mengangkat bagian tubuh atas), lalu kendurkan kembali otot perut saat kembali ke posisi awal. Agar efektif, lakukan crunch sebanyak satu set dengan 20 repetisi.

5. FLUTTER KICK

Bukan sembarang tendangan, flutter kick adalah latihan otot perut buat kamu yang ingin mendapatkan sixpack dalam waktu singkat. Cara mempraktekkan flutter kick adalah dengan berbaring lalu angkat kaki kanan dan kiri lurus ke atas secara bergantian seakan sedang menendang. Letakkan kedua tangan di bawah bokong sebagai tumpuan agar badan tidak ikut bergerak ketika kaki diangkat.

6. SIDE PLANK

Selain otot perut, side plank juga dikatakan dapat melatih otot punggung bagian bawah sehingga mencegah sakit dan nyeri punggung di kemudian hari. Inilah cara-cara melakukan side plank :
Berbaring di sisi kiri tubuh dengan kaki yang diluruskan. Sangga tubuh bagian atas dengan salah satu lengan dan tekuk siku 90 derajat. Kencangkan otot core lalu naikkan pinggul sampai tumit, pinggul, dan bahu membentuk garis miring dan lurus. Tahan posisi ini sambil bernapas secara teratur. Jika sudah, kembali ke posisi awal dan tukar lengan penyangga. Lakukan side plank dengan durasi 2 menit atau 1 menit untuk masing-masing sisi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =