Gloves atau sarung tinju adalah alah satu perlengkapan yang Anda gunakan saat latihan Muay Thai maupun boxing dan pastinya sangat penting untuk memilikinya apabila anda penggemar olahraga tersebut. Nah kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat digunakan anda untuk memilih sarung tinju.

  1. Ukuran

Ukuran gloves adalah beratnya dan dihitung menggunakan satuan ons (oz.). Secara umum, ukuran yang biasa dipakai di Indonesia adalah 10 – 16 oz. Jika berat Anda lebih dari 90 kg, maka sebaiknya Anda menggunakan ukuran 14 atau 16 oz. Tetapi jika beratmu dibawah 90 kg, Anda bisa menggunakan ukuran 10 – 12 oz. Namun tentunya anda harus memilihnya lagi dan mencobanya karena setiap merk berbeda.

 2. Kualitas

Belilah gloves yang terbuat dari kulit asli jika memungkinkan secara keuangan. Kulit sapi asli tidak mudah retak sehingga akan bertahan lebih lama untuk digunakan berlatih Muay Thai dibandingkan yang terbuat dari kulit sintetis. Selain itu, gloves yang bagus pasti akan memakai lapisan dari busa yang berkualitas bagus juga.

 3. Bentuk

Salah satu faktor dalam memilih gloves Muay Thai adalah bentuknya, secara umum ada 2 macam, yang langsing memanjang dan yang lebih membulat. Bentuk yang langsing memanjang biasanya bagian lilitan di pergelangan tangan juga panjang, cocok untuk yang memiliki pergelangan tangan kecil atau lemah atau pernah cedera pergelangan tangan sebelumnya. Gloves dengan bentuk ini tidak memakan tempat terlalu besar di dalam tas.Bentuk yang lebih membulat biasanya lebih memberikan bantalan untuk melindungi tangan karena dengan bentuk seperti itu berarti lapisan busa akan lebih menumpuk.

4. Velcro strap atau tali

Supaya gloves Anda tidak terlepas saat dipakai, ada sistem pengunci yang menggunakan velcro dan yang menggunakan tali. Untuk latihan, lebih praktis jika memakai gloves yang menggunakan velcro, Anda bisa memakai dan melepaskan gloves dengan lebih mudah tanpa perlu bantuan orang lain. Gloves yang menggunakan tali memerlukan orang lain untuk membantu Anda saat mengikat atau melepaskan ikatan talinya. Biasanya gloves yang menggunakan tali dipakai untuk pertandingan atau kompetisi.

5. Desain dan warna

Gloves Muay Thai hanya memiliki warna standar seperti merah, hitam dan biru, juga polos saja tanpa motif. Saat ini, desain warna dan motif gloves sudah sangat beragam. Biasanya gloves yang bermotif lebih mahal harganya dibandingkan yang polos. Desain motif dan warna sebenarnya hanya faktor tampilan saja, tetapi bisa menambah semangat Anda untuk berlatih.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × five =