Hal yang paling utama dalam program bulking adalah penambahan berat badan dari adanya peningkatan massa otot, namun seringkali tidak sesuai apa yang selama ini diinginkan seperti misalnya penambahan berat yang terjadi bukan hanya dari massa otot melainkan juga dari massa lemak. Kali ini kami akan membahas beberapa tips dalam melakukan bulking.

 

  1. Membuat goal

Tetapkan program bulking secara keseluruhan pada otak Anda. Dengan kata lain, Anda harus tetap konsisten untuk menuju target bulking Anda. Namun, Anda harus tetap realistis dengan target yang hendak Anda capai. Anda tentu ingin menaikan massa otot bukan lemak, maka anda harus tetapkan goal anda seperti naik massa otot 2 kg tiap bulannya.

 

2. Kalori surplus

Saat menjalani program bulking, biasanya banyak orang akan menyarankan pada Anda untuk mengonsumsi makanan apapun demi bertambahnya berat badan. Namun kenyataannya dalam menjalani program bulking, maka Anda harus memerhatikan setiap asupan kalori yang Anda konsumsi. Kalori surplus artinya mengkonsumsi kalori lebih dari yang kita butuhkan biasanya peningkatan kalori yang disarankan adalah sekitar 500 kalori perhari.

 

3. Kardio

Saat melakukan program bulking, mungkin kebanyakan dari kita akan sengaja mempersingkat latihan kardio. Hal ini mungkin dilakukan bersasarkan beberapa peneltian yang melaporkan bahwa latihan kardio mampu memperkecil massa otot. Hal tersebut memang tidak salah, namun latihan kardio yang dimaksud adalah latihan kardio yang dilakukan sangat lama dan dengan intensitas latiahan yang rendah hingga sedang.

 

4. Menentukan program latihan

Program latihan yang tepat dapat membantu program bulking Anda untuk meningkatkan massa otot dan hasil latihan yang maksimal, maka anda harus memiliki komitmen latihan yang teguh dalam jangka waktu yang panjang karena melatih tubuh hanya dalam waktu semalam tidak serta-merta membuat otot anda langsung membesar. Anda juga harus mampu meningkatkan volume latihan, mulai dari repitisi, set, dan beban yang terus meningkat secara perlahan dan bertahap.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 13 =