Belakangan ini banyak sekali orang-orang yang pergi ke gym karena ingin memiliki badan yang lebih ideal dan ingin mengikuti trend, namun banyak dari mereka yang malah berakhir cedera dikarenakan kesalahan-kesalahan saat melakukan latihan di gym atau tempat fitness. Berikut adalah tutorial dalam melakukan olahraga di gym untuk pemula :

1. MEMILIH BERAT BEBAN YANG COCOK

Untuk pemula, pemilihan beban sangatlah penting dikarenakan apabila beban itu terlalu berat, maka akan ada kemungkinan besar terjadinya cedera dan apabila terlalu ringan, maka tidak akan ada hasil yang signifikan. Pemilihan beban yang benar tidak hanya dianjurkan untuk pemula saja, melainkan ke semua kalangan bahkan olahragawan sekalipun dapat terkena cedera yang cukup serius akibat memilih beban yang salah atau mungkin terlalu berat melebihi kapasitasnya.

2. TIDAK MENGANDALKAN SUPLEMEN

Syarat untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah latihan beban, namun tidak jarang banyak sekali pemula membeli suplemen yang cukup mahal untuk mendapatkan badan yang ideal dengan kurangnya latihan. Suplemen hanyalah tambahan yang apabila kita tidak dapat memenuhi asupan gizi dari makanan sehari-hari kita, bukan minuman pembentuk otot. Fokus kepada latihan maka perubahan pada tubuh akan terlihat.

3. JANGAN MENGIKUTI PROGRAM LATIHAN BINARAGA YANG SUDAH PROFESSIONAL

Binaraga memiliki dedikasi yang tinggi pada latihan beban dan sudah menjalankannya dengan cukup lama sehingga mereka mampu mengangkat beban dan memiliki pola latihan yang sangat jauh berbeda dengan pemula. Satu program latihan mungkin saja cocok dengan satu individual namun bukan berarti cocok dengan individual lainnya. Bagi pemula sangat tidak dianjurkan untuk mengikuti pola latihan binaraga karena dapat menimbulkan cedera dan tubuh pemula pun masih belum siap untuk latihan tersebut.

4. JANGAN TERLALU FOKUS PADA REPETISI DAN BEBAN

Banyak para pemula berpikir bahwa apabila semakin banyak repetisi dan set, makan tubuh mereka akan semakin cepat menjadi ideal sehingga mereka melakukan sangat banyak set dan repetisi tanpa mementingkan tentang form atau gerakan mereka. Apabila mereka melanjutkan pola pikir mereka ini dengan waktu yang cukup lama, maka ada kemungkinan besar tidak ada hasil dan bahkan hanya akan terjadi cedera.

5. MENYEWA JASA PERSONAL TRAINER

Menyewa jasa personal trainer merupakan investasi terbaik bagi pemula dikarenakan personal trainer memiliki ilmu pengetahuan tentang fitness dan dapat memberi latihan yang sesuai untuk tipe badan yang dimiliki untuk pemula karena setiap individual berbeda, harga tentu bervariasi namun pemula ada baiknya mencoba menyewa jasa personal trainer untuk menghindari cedera dan sesuatu yang tidak diinginkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 15 =