Jaket dan celana panjang ini terbuat dari bahan yang waterproof ataupun tahan air. Biasanya terdapat karet ketat di ujung lengan, kaki dan leher yang bertujuan untuk menahan suhu tubuh agar tidak keluar, sehingga dapat menyebabkan keluarnya keringat yang banyak dan cepat. Atlit menggunakan jaket sauna ini untuk menurunkan berat badan secara cepat agar dapat bertanding di kelas yang diinginkan, atau biasa disebut “cutting weight”. Yang diturunkan adalah kadar air ditubuh, bukan lemak / otot.

Menggunakan jaket sauna secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh DEHIDRASI (atau kekurangan air). Bila tubuh kekurangan air terlalu banyak akan sangat berbahaya. Sering kali kita menggunakan jaket ketika jogging dengan alasan supaya kalori dan berat badan cepat turun. Biasanya ini yang dilakukan oleh orang yang sedang menjalankan program diet.
Tidak jarang mereka melakukan jogging di siang hari, dengan harapan supaya berat badan mereka juga bisa cepat turun. Itulah anggapan yang sangat salah dan berbahaya bagi tubuh kita. Memang keringat akan cepat keluar dan berat badan terasa cepat turun. Namun, bukan berat badan yang turun melainkan itu kondisi dehidrasi. Jogging mengenakan jaket sauna akan membuat orang tersebut mudah terkena dehidrasi.

Dehidrasi juga membuat timbangan tubuh anda menyusut. Jaket sauna membuat suhu di dalam tubuh menjadi cepat panas. Padahal di kondisi normal suhu tubuh kita ketika berolahraga adalah 40 derajat celcius dan tidak bisa bertambah lagi. Ketika mencapai angka 40 derajat celcius, maka tubuh tersebut akan terkena Heat Stroke, karena cairan yang dikeluarkan terlalu banyak dan suhu tubuh semakin meningkat.
Saat kita berlari, suhu tubuh itu meningkat. Namun, Tuhan menciptakan keringat supaya suhu tubuh tidak terlalu panas. Jadi, keringat itu dikeluarkan utuk mendinginkan suhu tubuh. Jika sudah dehidrasi, tidak ada cairan, dan suhu tubuh kita akan semakin tinggi lebih dari 40°C bisa heat stroke.
Heat stroke adalah kondisi mengancam jiwa dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 40°C atau lebih. Heat stroke dapat disebabkan karena kenaikan suhu lingkungan, atau aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh.
Heat stroke disebabkan oleh karena suhu lingkungan yang sangat panas, maka kulit cenderung terasa panas dan kering, sakit kepala seperti ditusuk-tusuk, kemerahan pada kulit, denyut jantung semakin cepat, nafas menjadi cepat dan terasa berat, gejala saraf lain, misalnya kejang, tidak sadar, halusinasi, otot bisa terasa kram lalu selanjutnya terasa lumpuh.
Karena bahayanya heat stroke, maka hindarilah jogging menggunakan jaket, terlebih lagi jaket parasut sauna yang banyak beredar karena dengan mudah sekali membuat tubuh panas. Sebaiknya pergunakanlah baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Jangan sampai program diet atau olahraga rutinmu menjadi penyakit buat kamu dengan salah penafsiran ya. Jika ingin diet berhasil, selain olahraga juga perhatikan pola makan dan pola hidup kamu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =