Olahraga kardio atau olahraga aerobik merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Terdapat banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa Anda coba, misalnya berjalan kaki, naik-turun tangga, berlari, bersepeda, dan berenang.
Saat kita melakukan kardio, maka jantung kitapun akan semakin sehat. Jantung dan paru-paru yang sering dilatih secara teratur dapat memberi kinerja kepada tubuh menjadi lebih baik saat melakukan aktivitas fisik seperti angkat beban.

Cardio yang berlebihan memanglah kurang baik apabila anda ingin meningkatkan massa otot, sangat dianjurkan untuk melakukan cardio 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk meningkatkan kesehatan jantung.
Sangat kurang dianjurkan apabila anda ingin meningkatkan massa otot, anda melakukan latihan cardio tepat sebelum melakukan weight lifting karena latihan bebanmu tidak akan maksimal. Ada baiknya melakukan cardio setelah weightlifting dalam tempo singkat.

JENIS OLAHRAGA KARDIO YANG BISA ANDA LAKUKAN DI RUMAH

Jika anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi pusat kebugaran (gym), olahraga kardio seperti ini bisa dilakukan di rumah dengan cepat dan mudah, yaitu:

1. JOGGING DI TEMPAT


2. LOMPAT TALI

3. MOUNTAIN CLIMBERS

4. JUMPING JACKS

Jangan lupa untuk lakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga kardio.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 11 =