Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu tubuh menjadi kuat saat berolahraga. Lalu, yang sering kali menjadi pertanyaan banyak orang adalah mengenai waktu makan yang tepat agar kuat saat berolahraga, apakah sebelum berolahraga atau sesudahnya.

Makanan merupakan sebuah penunjang energi yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup dan sangat penting untuk memperhatikan jumlah gizi dan waktu yang tepat untuk memasukan makanan ke dalam tubuh. Mengkonsumsi karbohidrat 3 jam sebelum latihan dapat memberikan energi kepada tubuh kita saat melakukan latihan karena karbohidrat akan diolah dalam tubuh menjadi energi. Namun apabila mengkonsumsi makanan tepat sebelum berolahraga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kram, atau mual. Apabila kita ingin mengkonsumsi makanan sebelum latihan, ada baiknya mengkonsumsi karbohidrat dikarenakan karbohidrat akan menjadi sumber energi yang dibutuhkan  seperti buah-buahan, sayur, maupun oats.

Apabila kita mengkonsumsi makanan tepat setelah melakukan latihan maka tubuh kita menyerap nutrisi yang dimasukan lebih cepat dibandingkan mengkonsumsi makanan berjam-jam setelah latihan, maka tidak jarang banyak pecinta olahraga menyiapkan makanannya tepat setelah olahraga. Apabila kita ingin mengkonsumsi makanan setelah latihan, ada baiknya mengkonsumsi makanan tinggi protein dikarenakan otot akan menyerap protein lebih baik setelah berolahraga  seperti ayam, ikan, telur, atau bahkan susu protein tinggi.

Kesimpulannya, makan sebelum berolahraga maupun sesudah berolahraga memiliki kelebihannya masing-masing asalkan sesuai dengan nutrisi yang seimbang dan tidak secara berlebihan. Jadi semua tergantung pada tujuan olahraga dan pribadi masing-masing.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 5 =