Ketika kita melihat tarian-tarian akrobatik tidak jarang kita berpendapat bahwa pelaku tarian tersebut memiliki kelenturan tubuh. Lalu apa itu yang dimaksud dengan kelenturan tubuh? Kelenturan tubuh dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan yang seluas mungkin tanpa mengalami cedera pada persendian dan otot di sekitarnya. Tidak semua orang memiliki tubuh yang lentur. Namun hampir semua orang berpotensi untuk memiliki kelenturan tubuh jika melakukan proses latihan. Kelenturan tubuh sendiri juga dijadikan sebagai terapi kesehatan, karena akan melatih persendian dan otot kita tidak kaku dan berdampak baik pada lancarnya peredaran darah kita. Selain itu ada beberapa hal lainnya manfaat dari melatih kelenturan.

1. MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH

Setiap orang ingin memiliki postur tubuh yang tegap dan ideal. Ketika kita melatih kelenturan, kita dapat meningkatkan postur tubuh karena latihannya melibatkan otot punggung bagian bawah, dada dan pundak.

2. MENGHINDARI CEDERA

Sebagian dari kita tentu pernah mengalami keseleo yang merupakan tanda bahwa kelenturan pada sendi kita masih kurang. Cedera pada sendi maupun otot tentu dapat kita hindari dengan melatih kelenturan dan juga akan mempengaruhi seberapa cepat kita mampu pulih dari cedera.

3. MENINGKATKAN PERFORMA

Setiap cabang olahraga tentu membutuhkan kelenturan pada tubuh kita seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, bela diri, dan lainnya. Dengan memiliki kelenturan tubuh yang baik, kita dapat meningkatkan performa atau penampilan kita dalam melakukan cabang olahraga tersebut.

4. MENGURANGI NYERI PADA PUNGGUNG BAWAH

Saat melakukan latihan kelenturan, anda juga secara tidak langsung melatih keseimbangan tubuh yang dapat mengurangi penyebab-penyebab nyeri pada punggung bagian bawah dan koordinasi tubuh sehingga dapat mengurangi resiko terjatuh.

Banyak orang berfikir bahwa saat melakukan latihan fisik berarti mereka hanya melakukan latihan kekuatan saja, namun kenyataannya banyak sekali manfaat yang akan kalian dapat dari melatih kelenturan tubuh. Maka untuk mendapatkan tubuh yang ideal diperlukan keseimbangan dalam melakukan latihan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + thirteen =