Selamat datang di TEAM ELITE, Hari ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat lari sore bagi kesehatan. Adakah perbedaan dengan manfaat yang didapatkan dari lari pagi atau malam hari?

Lari sore, pagi, atau malam memang bisa memengaruhi suasana perasaan Anda ketika sedang melakukannya. Namun, adakah perbedaan manfaat lari bagi kesehatan, bila dilakukan di waktu yang berbeda?

Manfaat Lari Sore :

Olahraga lari menyimpan banyak manfaat, seperti menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan. Waktu olahraga yang terbaik adalah ketika Anda benar-benar melakukannya secara konsisten, sehingga aktivitas tersebut menjadi kebiasaan atau bagian dari rutinitas harian Anda. Tidak hanya soal waktu, faktor lain juga akan turut berpengaruh pada konsistensi Anda berolahraga, seperti lokasi, jenis olahraga, dan dengan siapa Anda melakukannya.

Namun, terdapat satu penelitian yang mengatakan bahwa performa tubuh Anda akan meningkat di sore hari, yaitu pada pukul 2 hingga 6 petang. Pada rentang waktu ini, tubuh Anda berada pada puncak performanya, sehingga aktivitas olahraga yang Anda lakukan pun akan lebih efektif.

Selain itu, kemampuan penyerapan oksigen juga lebih tinggi kala petang. Dengan demikian, Anda akan memiliki reaksi yang lebih cepat serta lebih fokus, khususnya ketika melakukan olahraga berintensitas tinggi. Pada sore hari, detak jantung dan tekanan darah Anda juga akan lebih rendah, sehingga mengurangi risiko terjadinya cedera ketika performa tubuh meningkat.

Studi lainnya mengatakan, berolahraga di sore hari akan berpengaruh positif pada kualitas tidur. Durasi tidur Anda pun akan lebih lama dibanding melakukan aktivitas olahraga di pagi hari.

Di luar hasil dari beberapa penelitian di atas, beberapa orang merasa manfaat lari sore bisa membantu mereka terlepas dari ketegangan maupun stres yang melanda sepanjang hari. Otot tubuh juga lebih fleksibel dibanding ketika bangun tidur di pagi hari. Anda juga memiliki waktu untuk mengisi tubuh dengan makanan sebagai sumber bahan bakar yang berguna saat berolahraga. Satu hal yang jelas, dengan lari sore, Anda tidak perlu bersusah payah bangun pagi-pagi untuk pergi berolahraga, sebagaimana yang terjadi ketika melakukan lari pagi.

Menemukan Ritme Tubuh yang Pas

Lari sore bisa menjadi pilihan yang sempurna jika Anda adalah tipe orang yang lebih banyak aktif pada sore hingga malam hari. Ini berarti Anda memiliki ritme sirkadian atau jam internal tubuh (circadian rhythms) yang telah terbiasa melakukan lebih banyak aktivitas menjelang petang.

Tapi kapanpun waktunya, manfaat lari sore atau pagi tetap bisa Anda rasakan jika melakukannya secara rutin. Pilihlah waktu yang dirasa nyaman bagi Anda dan tubuh Anda. Ritme tubuh Anda akan menyesuaikan perubahan ini dengan sendirinya, sehingga Anda tidak perlu merasa bingung.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.

1 reply
  1. ChiquitaBig
    ChiquitaBig says:

    Hello. I have checked your elitemma.co.id and i see you’ve
    got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank hi in google.
    But you can fix this issue fast. There is a tool that generates content like human, just search
    in google: miftolo’s tools

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 19 =