Selamat datang di TEAM ELITE, Hari ini kita akan membahas tentang Manfaat Diet dengan Yogurt.

Yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi oleh bakteri penghasil asam laktat. Kendati memiliki komposisi mikronutrien yang hampir sama seperti susu, kadar protein, vitamin, dan mineral di dalam yogurt lebih tinggi. Yogurt rendah lemak takaran 240 mL mengandung 50 persen lebih banyak kalium, kalsium, dan magnesium daripada susu rendah lemak.

Ada beragam manfaat yogurt untuk kesehatan, salah satunya untuk mendukung suksesnya program diet yang sedang Anda jalankan. Keuntungan mengonsumsi yogurt untuk diet berasal dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein, kalsium, vitamin, dan terutama probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt membantu melepaskan dan meningkatkan hormon penurun nafsu makan, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Peningkatan kadar hormon ini dapat membantu tubuh membakar kalori dan lemak. Probiotik juga dapat meningkatkan kadar protein yang berfungsi untuk menurunkan timbunan lemak.

Selain berguna untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium pada yogurt juga memengaruhi nafsu makan, kadar gula darah, serta perubahan pola hidup bakteri baik di usus. Beberapa penelitian juga mengungkapkan, mengonsumsi yogurt dipercaya dapat mencegah obesitas, menurunkan berat badan, menghilangkan lemak tubuh, dan mengecilkan lingkar pinggang.

Berikut beberapa tips mendapatkan yogurt dengan kualitas yang baik dan efektif untuk program diet Anda, caranya:

  • Periksa kemasan produk yogurt sebelum membelinya untuk mengetahui kandungan nutrisi dan tanggal kadaluarsa produk.
  • Disarankan memilih produk yogurt tanpa gula dan pemanis buatan. Gula dapat terdaftar dengan nama lain seperti sukrosa, sirup jagung fruktosa tinggi, jus buah, gula tebu, dan nektar agave.
  • Pilihlah produk yogurt rendah lemak atau tanpa lemak.
  • Pastikan yogurt yang Anda beli merupakan yogurt yang menyehatkan, yakni yang kandungan proteinnya lebih tinggi daripada kandungan gula di dalamnya.
  • Pastikan produk yogurt yang Anda beli mengandung kalsium, vitamin D, serta bakteri hidup dan aktif, seperti probiotik, dengan jumlah yang mencukupi. Idealnya, yogurt mengandung vitamin D sebagai bagian penting dari kebutuhan kalsium harian Anda. Kandungan vitamin D akan tertulis dalam bentuk persentase (% DV) pada label kemasan yogurt.
  • Untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menyajikan yogurt dengan potongan buah.
  • Anda juga bisa menyajikan yogurt dengan taburan flaxseed yang mengandung serat dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Hindari mengonsumsi yogurt dengan rasa buah atau potongan buah di dalamnya, karena umumnya produk tersebut mengandung kadar gula yang tinggi.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, konsumsi yogurt untuk diet dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. Yogurt dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. Jumlah yogurt yang disarankan dalam sehari adalah 100-200 gram. Untuk orang dewasa, yoghurt aman dikonsumsi sebanyak 200-450 ml setiap harinya. Anda bisa menyajikannya untuk sarapan pagi atau sajian camilan siang hari saat beraktivitas di kantor. Menambahkan yogurt dalam berbagai kreasi resep makanan atau minuman juga bisa menjadi pilihan menikmati yoghurt untuk diet.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.

 

 

Cr: Alodokter

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + eighteen =