Suspension training merupakan olahraga untuk melatih kekuatan seluruh tubuh dengan memanfaatkan berat badan tanpa harus menggunakan beban seperti barbell maupun dumbbel. Olahraga ini bertumpu pada berat tubuh sambil melakukan gerakan yang melawan gravitasi. Latihan dilakukan dengan bantuan tali atau karet elastis khusus yang biasa disebut dengan suspender/suspension straps.

Jika dilakukan secara rutin, latihan suspension training dapat memberikan berbagai manfaat berikut ini:

1. Mengencangkan otot

suspension training sangat efektif untuk membentuk massa otot, meski hanya menggunakan peralatan sederhana karena kita tetap menggunakan beban tubuh sebagai beban yang harus di angkat.

2. Memperbaiki postur tubuh

Jika Anda memiliki postur tubuh kurang baik seperti sering membungkuk, latihan suspension training bisa menjadi pilihan olahraga yang baik untuk memperbaiki postur tubuh.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Sebagian gerakan dalam olahraga suspension training membuat Anda harus mempertahankan keseimbangan tubuh. Sepanjang latihan, Anda juga akan dituntut untuk melakukan peregangan dengan interval berbeda yang akan membuat tubuh akan menjadi lebih fleksibel.

4. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Olahraga suspension training dapat melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah karena banyak variasi gerakan dan jenis olahraga yang dapat dilakukan.

Suspension training merupakan jenis olahraga yang cocok bagi pemula. Namun, jika Anda baru pertama kali melakukannya, sebaiknya lakukan TRX di bawah bimbingan instruktur olahraga yang memiliki kompetensi untuk jenis olahraga ini. Umumnya, olahraga ini dilakukan di pusat olahraga dan kebugaran, namun kalian juga dapat melakukannya di manapun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =