Siapa yang tidak ingin memiliki otot lengan khususnya biceps (bisep). Pasalnya, otot lengan yang kencang dipercaya membantu menunjang penampilan serta dapat membuat seseorang merasa percaya diri. Otot lengan juga dapat membuat seseorang terlihat atletis. Itulah kenapa, latihan yang berfokus pada lengan menjadi salah satu latihan favorit banyak orang. Dipercaya oleh banyak orang juga kalau anda rajin melatih otot lengan khususnya bisep akan menghasilkan tubuh bagian atas kelihatan jadi lebih besar dan kuat. Otot lengan yang kuat akan memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari bahkan yang sederhana sekalipun, seperti meraih benda di rak tinggi, menenteng belanjaan, menggendong anak, atau mengangkut keranjang pakaian.

Bisep adalah otot yang terletak pada bagian depan lengan atas. ‘Bi’ dalam kata bisep menunjukkan ada dua bundel otot di sini. Bisep termasuk ke dalam jenis otot lurik. Otot ini dinamakan lurik karena permukaannya tampak seperti garis-garis yang melintang melewati serabut otot. Pada bagian ujung otot ini terdapat urat atau tendon. Tendon ini berfungsi sebagai pengikat antara tulang dengan otot. Otot bisep berada di lengan atas bagian depan. Otot ini berguna ketika kita melakukan gerakan menarik dan merentangkan siku. Untuk mendapatkan otot bisep yang kuat, berikut kami berikan beberapa cara gerakannya :

1. BICEPS CURL

Pegang dumbbell pada masing-masing tangan. Luruskan tangan ke bawah sambil memegang dumbbell. Selanjutnya tekuk tangan dengan mengangkat dumbbell keatas. Posisi tangan bagian atas jangan berpindah, hanya gerakan tangan bagian bawah gerakan ke atas hingga dumbbell yang dipegang berada setara dengan bahu. Selanjutnya turunkan lagi perlahan kembali ke posisi semula.

2. HAMMER CURL

Berdiri dengan kaki selebar bahu, posisi badan berdiri tegak. Pegang dumbbell dengan telapak tangan menghadap ke paha. Posisi lengan lurus ke bawah. Gerakan dumbbell ke arah atas sejajar bahu. Siku jangan bergerak maju, tetap di samping badan. Hanya ditekuk, tanpa dipindahkan posisinya. Gerakan tangan kanan dan kiri dapat dilakukan bersama-sama atau bergantian.

3. CONCENTRATION CURL

Pegang dumbbell dengan satu tangan. Duduk di tepi bench dan posisikan kaki terbuka melebihi lebar bahu. Posisikan bagian belakang lengan dengan dumbbell di bagian dalam paha, dan letakkan tangan lainnya di atas lutut kaki yang berlawanan sebagai penopang. Ayunkan dumbbell perlahan ke atas sejauh mungkin. Berhenti sebentar pada posisi puncak, lalu turunkan dumbbell secara perlahan kembali ke posisi awal.

4. CABLE BICEPS CURL

Pasang tali penarik beban ke tingkat terendah pada cable machine yang dapat diatur. Pegang palang dengan genggaman underhand, lengan lurus sepenuhnya, dan telapak tangan menghadap ke depan. Tanpa menggerakkan lengan bagian atas, tekuk siku dan lengkungkan palang sedekat mungkin ke bahu. Berhenti sejenak, lalu turunkan palang ke posisi awal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =