Fitness atau sering di kenal sebagai latihan angkat beban adalah salah satu jenis olahraga yang baik bagi tubuh karena melatih banyak otot dan membuat otot jadi semakin kuat dan tebal. Tetapi banyak dari kita yang masih kurang akan pengetahuan mengenai cabang olahraga angkat beban itu sendiri hingga menimbulkan informasi yang salah mengenai olahraga ini, banyak yang beranggapan bahwa jika kita melakukan olahraga angkat beban maka tubuh kita akan memendek tetapi fakta nya tubuh kita tidak akan memendek sama sekali.

Keturunan sangat berperan penting pada tinggi badan seseorang. Sekitar 60-80% perbedaan tinggi badan antar individu ditentukan oleh faktor genetik, sedangkan 20-40% dipengaruhi oleh faktor lingkungan, terutama nutrisi.


Orangtua yang memiliki tubuh tinggi akan berpeluang besar memiliki keturunan yang berbadan tinggi tetapi  kita tidak bisa mengetahui pasti apakah kita akan mendapat genetik tubuh tinggi dari orang tua kita atau tidak karena sering terjadi juga kondisi dimana orang tua berbadan tinggi tetapi memiliki keturunan berbadan pendek.


Nutrisi dan asupan juga tak kalah penting, kita membutuhkan asupan yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhan pada badan kita terutama kalsium karena dapat membantu pertumbuhan tulang sehingga tulang bertambah panjang dan membuat badan menjadi tinggi.

Grow Plate yaitu tulang pada anak yang mempunyai peran untuk meninggi kan badan , jadi apabila seseorang melakukan latihan fisik baik itu latihan beban, skateboard ataupun bermain sepak bola  dan tulang bagian Grow Plate nya cedera maka pertumbuhan nya akan terhambat, jadi bukan latihan angkat beban membuat badan menjadi pendek tetapi cedera lah yang menghambat pertumbuhan, maka dari itu diperlukannya seseorang yang sudah profesional untuk mengawasi kita atau mengajari kita olahraga.

 

Jadi jangan salah paham lagi ya!!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − thirteen =