Memiliki lemak tubuh berlebih tentu meningkatkan resiko penyakit yang cukup banyak dan juga dapat mengurangi rasa percaya diri karena penampilan kalian pun akan kurang maksimal. Persentase lemak tubuh yang ideal berbeda pada tiap orang, tergantung usia dan jenis kelaminnya. Pada wanita, persentase lemak tubuh yang ideal berkisar antara 25-30%. Sedangkan pada pria, berkisar antara 18-25%.

Namun kadar lemak yang sangat rendah pun juga kurang baik untuk kesehatan. Apa saja akibatnya jika persentase lemak dalam tubuh kita terlalu rendah?

1. RENTAN TERKENA PENYAKIT

Memiliki lemak tubuh di bawah ideal bukan berarti kalian lebih sehat melainkan lebih mudah terkena penyakit dan tentu mudah kedinginan karena salah satu fungsi lemak yaitu menghangatkan tubuh.

2. KULIT KERING

Dampak negatif dari memiliki tubuh yang kekurangan kadar lemak adalah kulit anda menjadi kering. Tubuh perlu mendapat asupan asam lemak esensial dan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda untuk menjaga sel dan kulit tetap lembab. Lemak juga membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak yang dapat membantu kulit bersinar.

3. MEMPERLAMBAT PROSES PENYEMBUKAN LUKA

Tahukah Anda bahwa kekurangan lemak ternyata memengaruhi proses penyembuhan luka? Menurut studi yang sama, tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan molekul penting yang berperan mengendalikan respons peradangan tubuh. Diet yang sangat rendah lemak dapat mengganggu respons tersebut. Alhasil, proses penyembuhan luka pun melambat. Tak hanya itu, kekurangan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin C dan vitamin D, pun membuat luka sembuh lebih lama.

4. DEPRESI

Asupan lemak yang kurang bisa memicu depresi pada seseorang. Pasalnya, lemak berperan penting dalam sintesis hormon dan neurotransmitter, salah satunya yaitu serotonin. Serotonin merupakan zat pada neurotransmitter dan berfungsi menghasilkan perasaan tenang dan damai. Bila defisiensi lemak terjadi, Anda berisiko mengalami depresi dan berbagai gangguan kesehatan mental lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =