Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa juga disertai dengan alat bantu seperti kettlebell. Latihan dengan menggunakan kettlebell merupakan cara yang unik dari salah satu alat bantu olahraga lainnya. Percaya atau tidak, berolahraga dengan mencoba menggunakan alat olahraga yang beragam dapat membantu menguatkan otot dan membakar kalori. Kettlebell jadi satu alat olahraga yang paling efektif untuk melatih banyak otot dalam satu waktu. Penggunaannya pun lebih sederhana dibandingkan dengan mesin-mesin olahraga yang biasa sering anda temukan di gym. Kalau anda ingin membeli satu alat olahraga untuk diletakkan di rumah, pilihan terbaik adalah kettlebell. Salah satu alat olahraga yang kini banyak digunakan adalah kettlebell. Selama ini, barbel sering jadi pilihan saat membutuhkan alat olahraga. Ternyata, ada yang tak kalah seru dan menarik yaitu kettlebell. Alat ini tidak hanya berguna untuk membentuk otot saja. Lebih dari itu, bisa juga membakar kalori dan memberikan variasi dalam sesi olahraga harian. Perangkat latihan ini berbentuk seperti bola dan terdapat pegangan di bagian atasnya. Kettlebell dapat digunakan untuk kekuatan, ketahanan, fleksibilitas dan pembakaran lemak. Latihan menggunakan kettlebell bermanfaat untuk melatih otot sekaligus jantung, memperbaiki postur, hingga meningkatkan stamina. Latihan dengan kettlebell juga dapat meningkatkan keseimbangan dan kestabilan otot. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang ingin meningkatkan kekuatan. Jika merasa kesulitan ketika latihan barbell squat, anda bisa latihan kettlebell squat. Kettlebell adalah alat olahraga yang jauh lebih praktis dibandingkan dumbbell dan barbell. Manfaat kettlebell adalah membakar lemak dan membentuk otot. Untuk memperoleh manfaat tersebut, ada beberapa gerakan yang bisa dipraktikkan. Berikut latihan kettlebell yang bisa anda lakukan.

1. KETTLEBELL SWING

Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu. Angkat kettlebell dengan dua tangan. Tekuk lutut dan dorong pinggul ke depan untuk mendorong kettlebell dari tubuh. Mulai ayunkan kettlebell. Saat menurunkan kettlebell, angkat pinggul dengan mendorong glutes ke belakang. Ketika merasakan otot paha belakang meregang, gerakkan pinggul ke depan, dan biarkan kettlebell naik setinggi kepala. Lakukan latihan ini dengan 20 repetisi. Latihan kettlebell swing dapat membantu menguatkan otot perut dan paha.

2. GOBLET SQUAT

Awali gerakan dengan posisi berdiri tegak. Kaki terbuka selebar pinggul. Pegang kettlebell dengan kedua tangan dan tahan di depan dada. Lakukan gerakan squat. Ulangi sebanyak 10 repetisi. Gerakan ini merangsang semua kelompok otot utama dalam tubuh, seperti otot kaki, perut, deltoid, bokong, dan paha depan.

3. TURKISH GET UP

Berbaring terlentang di lantai, lalu pegang kettlebell dengan satu tangan dan lengan terentang sepenuhnya di atas dada. Tekuk lutut di sisi yang sama hingga membentuk sudut 90 derajat. Jaga posisi kaki di sisi yang berlawanan tetap lurus, lalu posisikan 5-10 derajat dari bagian tengah tubuh. Mulai dengan mengangkat kettlebell ke atas, lalu menekan siku di sisi yang berlawanan. Jaga posisi siku lengan yang memegang dumbbell tetap terkunci. Angkat pinggul, lalu ayunkan kaki yang lurus di bawah badan, dengan melangkah mundur dan bertumpu pada lutut. Alihkan pemusatan berat badan dari tangan ke lutut dan kaki di depan saat anda mengangkat badan ke atas. Dorong badan ke posisi berdiri, dengan mengangkat dumbbell di sepanjang waktu latihan. Turunkan badan kembali ke lantai secara perlahan.

4. KETTLEBELL PRESS

Melakukan kettlebell press bertujuan untuk melatih bahu, otot perut, kaki dan otot tricep. Caranya adalah dengan berdiri pada kaki yang dibuka lebar sejajar dengan bahu. Pegang kettlebell dengan tangan kanan setinggi bahu. Kemudian tahan bola pada punggung tangan. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan bergantian tangan kanan dan kiri sebanyak 10 repetisi.

5. KETTLEBELL SNATCH

Pasang kuda-kuda dengan memberi jarak selebar bahu di antara kaki. Posisi badan membungkuk dengan tangan kanan memegang kettlebell. Ayunkan kettlebell menggunakan otot lengan, pinggul, dan paha, ke atas dengan posisi kaki sedikit menekuk saat melakukan angkatan. Saat sampai di atas, ayunkan kembali kettlebell ke bawah di antara kaki anda. Jika anda baru dalam latihan kettlebell, gunakan beban yang lebih ringan terlebih dahulu. Setelah anda menguasai teknik ini dengan baik, tambah beban kettlebell secara bertahap untuk mendapatkan manfaat terbaik dari latihan kettlebell snatch.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =