Seorang client datang menghampiri konsultan kebugaran menanyakan atas keluhannya karena sudah latihan sekian lama tapi tidak memiliki hasil juga. Nah, apakah anda juga pernah mengalami seperti itu?

Banyak faktor yang mempengaruhi berkembangnya otot. Kali ini kita akan membahas 3 faktor utama yang mempengaruhi besarnya otot :

1. Pola latihan yang sesuai

Untuk mendapatkan badan yang ideal, latihan beban adalah latihan yang paling dianjurkan untuk memperkuat otot. Banyak orang melakukan kesalahan yaitu fokus hanya pada satu otot saja seperti melakukan otot lengan seminggu penuh sehingga mendapatkan hasil yang kurang maksimal.

2. Pola diet yang seimbang

Pola diet yang seimbang sangat dibutuhkan agar otot mendapatkan nutrisi yang cukup. Manusia memerlukan asupan gizi mulai dari makronutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga butuh mikronutrisi seperti vitamin dan mineral.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk memberi waktu agar otot dapat berkembang. Tidur yang cukup minimal 7-8 jam juga penting dalam menjaga metabolisme tubuh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 6 =