7 Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan, Harus Dibiasakan

Manfaat naik turun tangga untuk kesehatan memang harus dibiasakan. Apalagi buat kamu yang tidak punya banyak waktu sehingga jarang berolahraga dan tidak suka banyak menggerakkan badan. Naik turun tangga bisa jadi alternatif pengganti waktu olahraga yang terlewatkan.

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan lift maupun eskalator di kantor atau tempat umum lainnya dibandingkan menggunakan tangga. Padahal banyak sekali manfaat kesehatan dan kebugaran yang bisa kamu dapatkan dari naik turun tangga.

Manfaat naik turun tangga untuk kesehatan bisa menjadi pengganti olahraga. Cobalah membiasakan diri menggunakan akses tangga di berbagai fasilitas umum, seperti di kantor, pusat perbelanjaan, jembatan penyeberangan, atau sekadar naik-turun tangga di rumah untuk menjaga kesehatan.

Menurunkan Berat Badan Serta Menguatkan Otot dan Tulang

Menurunkan Berat Badan

Para ahli mencatat aktivitas naik tangga dapat menghabiskan 8 sampai 9 kali lebih banyak kalori daripada saat duduk dan 7 kali lebih banyak kalori daripada naik lift.

Setiap satu langkah naik maupun turun sama-sama dapat membakar kalori. Hanya saja, kalori yang terbakar akan lebih banyak dan cepat saat naik daripada saat turun. Ini karena tekanan yang diberikan oleh tubuh saat mendaki tentu akan lebih besar daripada saat menuruni tangga.

Setiap 10 langkah naik akan membakar 1 kalori, begitu pula saat kamu menuruni tangga. Bedanya, setiap kali kamu menuruni satu anak tangga, maka akan membakar 0,05 kalori dalam tubuh. Jadi, setiap menuruni 20 anak tangga akan membakar 1 kalori dalam tubuh.

Manfaat naik turun tangga untuk kesehatan bisa menurunkan berat badanmu, ini tentu bagus untuk kamu yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Baik turun tangga dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Dengan begitu, cadangan lemak tubuh pun akan berkurang.

Menguatkan Otot dan Tulang

Manfaat naik turun tangga berikutnya adalah untuk menguatkan otot dan tulang. Pada saat kamu naik turun tangga, otot dan tulang di seluruh tubuh ikut bergerak aktif, mulai dari otot kaki, paha, lengan, hingga punggung.

Pergerakan ini akan membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Kepadatan tulang juga akan meningkat, sehingga mencegah risiko osteoporosis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lansia yang rutin berolahraga (termasuk naik-turun tangga) terlihat lebih bugar dan dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan mandiri.

Memelihara Kesehatan Otak dan Mental

Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat naik turun tangga dapat mengoptimalkan kesehatan otak. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang sering naik-turun tangga akan mengalami penuaan otak lebih lambat daripada orang yang jarang naik-turun tangga.

Hal ini membuat orang yang membiasakan diri naik turun tangga dapat terhindari dari kepikunan dan memiliki daya ingat yang lebih baik.

Baik untuk Kesehatan Mental

Manfaat naik turun tangga selanjutnya adalah untuk kesehatan mental. Saat naik-turun tangga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang memberi perasaan senang dan tenang. Hormon ini juga dapat memperbaiki suasana hati, sehingga membuat kamu lebih fokus dan konsentrasi saat bekerja, serta tidak mudah stres.

Baik untuk Penderita Diabetes dan Menyehatkan Jantung

Baik untuk Penderita Diabetes

Untuk kamu yang sedang menderita diabetes, naik turun tangga bisa jadi solusi untuk mengendalikan gula darah. Ini disebabkan karena saat naik-turun tangga, otot rangka bergerak aktif dan menggunakan gula sebagai energi, sehingga kadar gula darah bisa menjadi lebih stabil.

Selain menjaga stabilnya gula darah, manfaat naik turun tangga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini tentunya baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

Menurunkan Risiko Stroke

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang membiasakan diri naik-turun tangga 3-5 kali seminggu memiliki risiko terkena stroke hingga 30% lebih rendah dibandingkan orang yang jarang berolahraga.

Hal ini sejalan dengan penelitian lain yang menyebutkan bahwa aktivitas fisik, seperti naik tangga, dapat menurunkan risiko munculnya penyakit stroke.

Menyehatkan Jantung dan Paru-paru

Manfaat naik turun tangga selanjutnya adalah menyehatkan jantung dan paru-paru. Berbagai studi telah membuktikan bahwa kebiasaan naik-turun tangga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Aktivitas ini termasuk dalam latihan kardio yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, sehingga aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Dengan begitu, orang yang sering naik-turun tangga akan terhindar dari risiko penyakit jantung dan hipertensi.

Dengan berbagai manfaat naik turun tangga untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, tidak ada alasan lagi untuk tidak membiasakan diri melakukannya agar tubuh tetap sehat dan bugar.

 

 

Cc : hot.liputan6.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + four =