10 Manfaat kesehatan jika kamu rutin berjalan kaki, mau coba rasakan?

Dibandingkan dengan negara-negara lain, penduduk Indonesia tergolong kurang aktif berjalan kaki. Berdasarkan data dari laman metro, warga Hong Kong adalah yang paling aktif berjalan kaki. Mereka berjalan rata-rata 6.880 langkah per hari. Bandingkan dengan penduduk Indonesia yang hanya berjalan kaki 3.513 langkah per hari atau kurang dari itu.

Padahal, ada banyak manfaat yang tersembunyi dari berjalan kaki, lho! Apa saja manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan? Ketahui jawabannya di bawah ini!

1. Membakar kalori

Sama halnya dengan aktivitas fisik lain, berjalan kaki bisa membakar kalori. Menuru

t laman Live Strong, berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar 90-200 kalori. Kalori yang terbakar bergantung pada kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, berat badan dan medan yang dilalui (menanjak atau datar), terang laman Healthline.

2. Menurunkan kadar gula darah

Bagi kamu yang memiliki diabetes, kamu perlu membiasakan diri untuk berjalan kaki. Berjalan kaki singkat setelah makan bisa menurunkan kadar gula darah. Lakukan ini selama 15 menit dan tiga kali sehari (setelah sarapan, makan siang dan makan malam) agar gula darah turun dan insulin bekerja lebih baik, saran laman Healthline.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal jika kita terbiasa berjalan kaki. Berdasarkan penelitian yang melibatkan 1.000 orang dewasa, berjalan bisa mengurangi risiko flu. Orang-orang yang berjalan kaki 30-45 menit per hari akan mengurangi 43 persen risiko terkena flu dan infeksi saluran pernapasan atas, jelas laman Healthline.

4. Membuat suasana hati menjadi lebih baik

Ternyata, rutin berjalan kaki bisa membuat kita good mood! Menurut penelitian dalam laman Healthline, berjalan kaki bisa mengurangi gejala kecemasan, depresi dan suasana hati yang negatif. Agar memperoleh manfaat ini, kamu perlu berjalan kaki selama 30 menit per hari plus berolahraga dengan intensitas sedang 3 kali seminggu.

5. Menguatkan otot kaki

Sebagai organ tubuh utama, berjalan kaki bisa menguatkan otot-otot kaki. Betis akan menjadi kencang, tidak kendur dan membakar lemak yang ada di kaki. Agar otot kaki semakin kuat, kamu perlu berjalan kaki di medan yang menanjak. Kamu bisa melatihnya dengan berjalan menaiki tangga atau mengatur tanjakan pada treadmill.

6. Menguatkan jantung

Masih ada segudang manfaat dari berjalan kaki! Salah satunya adalah menyehatkan jantung dan sistem kardiovaskular. Menurut laman Healthline, berjalan kaki 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu bisa mengurangi 19 persen risiko penyakit jantung koroner. Risiko akan semakin berku

rang jika kita meningkatkan durasi dan jarak tempuh.

7. Meringankan nyeri sendi

Selain itu, berjalan kaki juga bisa meringankan nyeri sendi serta melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul. Berjalan kaki bisa memperkuat otot-otot yang mendukung sendi dan melumasinya. That’s why, jika kamu mempunyai penyakit radang sendi, kamu perlu berjalan kaki selama 5-6 mil dalam seminggu, saran laman Healthline.

8. Meningkatkan energi tubuh

Merasa lelah dan tak bertenaga? Alih-alih mengambil secangkir kopi, lebih baik berjalan kaki singkat selama 10 menit.

Berjalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, berjalan kaki bisa meningkatkan kadar kortisol, epinefrin dan norepinefrin yang merupakan hormon untuk membantu meningkatkan energi, jelas laman Healthline.

9. Membuat kita berpikir lebih kreatif

Bukan hanya membuat suasana hati menjadi lebih baik, berjalan kaki juga bisa menjernihkan pikiran dan membuat kita berpikir lebih kreatif. Berdasarkan penelitian, orang yang berjalan kaki, khususnya berjalan kaki di luar ruangan, akan mendapatkan lebih banyak ide dibanding mereka yang duduk, ungkap laman Healthline.

10. Bisa memperpanjang umur

Terakhir, berjalan kaki bisa memperpanjang usiamu, lho! Gak percaya? Menurut penelitian, berjalan kaki secara rutin akan menurunkan risiko kematian hingga 20 persen. Penurunan kematian ini selaras dengan penurunan risiko penyakit berat, seperti penyakit kardiovaskular atau kanker, jelas laman Healthline.

Nah, itulah 10 manfaat kesehatan yang kita peroleh jika rutin berjalan kaki. Gak perlu diragukan lagi, coba buktikan sendiri!

 

 

Cc : https://www.idntimes.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − seventeen =