Manfaat konsumsi kecambah setiap hari bagi kesehatan

 

Jakarta – Saat ini, orang-orang lebih memilih hidup sehat menggunakan berbagai jenis makanan. Mulai dari buah, sayuran, hingga biji-bijian seperti kecambah . Kecambah sangat rendah kalori, kaya serat, enzim, protein, kaya akan nutrisi mikro lainnya.

 

Kecambah ini sangat mudah untuk dikonsumsi, bisa dimakan sebagai salad atau campuran sayuran lainnya. Dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi kecambah :

 

1. Menurunkan berat badan

Kecambah yang kaya akan protein sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kecambah juga mengandung lebih sedikit kalori dan kaya akan serat. Dengan mengkonsumsi semangkuk kecambah di antara waktu makan, dapat membuat anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Ini akan sangat bekerja untuk program diet.

2. Baik untuk perut
Dengan kandungan serat yang baik untuk pencernaan, kecambah juga membantu memudahkan pergerakan usus. Enzim yang ada dalam kecambah dapat meningkatkan metabolisme, membantu mencerna makanan, menyerap nutrisi dan mencegah sembelit pada saluran pencernaan.

3. Dapat mengontrol kadar gula darah
Mengkonsumsi kecambah setiap hari juga dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Berdasarkan penelitian, kecambah dapat mengurangi jumlah karbohidrat yang diperlukan.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Beberapa penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa mengkonsumsi kecambah dapat meningkatkan kolesterol baik, sehingga kolesterol buruk akan menurun. Ini karena kecambah dapat mengurangi perkembangan berbagai risiko penyakit yang terkait dengan jantung, seperti tekanan darah tinggi.

5. Membangun sistem kekebalan tubuh dan baik untuk pengelihatan
Kecambah memiliki vitamin A dan C yang tinggi. Kandungan vitamin C dapat berguna untuk melawan infeksi, karena kecambah merupakan stimulan kuat untuk sel darah putih dalam tubuh. Vitamin A yang ada juga membantu pengelihatan. Kecambah juga mengandung sifat antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh juga melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

 

cc : https://health.detik.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 14 =