11 Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah manggis merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang enak tapi juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Seluruh bagian buah manggis mulai dari buah hingga kulit luarnya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan. Berikut adalah 11 manfaat manggis untuk kesehatan dan kecantikan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bernutrisi Tinggi

Buah manggis walau rendah kalori tapi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan beragam. Dalam satu cangkir atau 196 gram buah manggis mengandung 35 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan vitamin C yang mencukupi 9% dari kebutuhan harian.

2. Mengurangi Pertumbuhan Kanker

Buah manggis mengandung senyawa anti kanker yang disebut xanthone. Beberapa uji coba laboratorium menemukan bahwa xanthone bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, perut dan jaringan paru-paru.

Selain itu, ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis atau bisa menghancurkan sel kanker. Jadi, setelah makan buah manggis jangan langsung dibuang kulitnya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah manggis kaya akan kandungan serat, vitamin C, mineral dan xanthone yang bisa meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan senyawa dalam buah manggis juga dapat menangkis bakteri jahat dan mendorong daya tahan tubuh. Manggis juga sangat baik dikonsumsi bumil (ibu hamil) agar tak mudah sakit.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah berwarna ungu ini memiliki sifat anti bakteri dan anti radang yang sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Caranya dengan mencampur daun dan kulit buah manggis dengan ramuan obat lain, kemudian dioleskan pada luka.

5. Mengobati Diare

Kulit dan daging buah manggis dapat menyelesaikan gangguan pencernaan seperti diare dan disentri dengan efektif.

6. Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa kandungan xanthone dalam buah manggis dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini menjadikan buah manggis sebagai salah satu obat alami untuk penyakit diabetes.

7. Memiliki Sifat Antioksidan

Kandungan senyawa xanthone yang ada di buah manggis juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sendiri penting untuk menangkal radikal bebas yang terkait dengan beberapa penyakit kronis.

8. Membuat Wajah Awet Muda

Antioksidan dalam buah manggis tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Karena zat ini bisa dengan cepat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, sehingga kalian bisa terus terlihat awet muda.

9. Merawat Kulit

Xanthone yang ada dalam buah manggis sudah diketahui memiliki sifat anti kanker, termasuk kanker kulit. Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan anti alergi yang berguna untuk mengurangi risiko peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

10. Menurunkan Berat Badan

Buah manggis merupakan buah yang baik dikonsumsi jika kalian sedang dalam program diet. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekelompok orang yang meminum jus manggis sebagai suplemen memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah manggis mengandung 3,5 gram serat atau setara dengan 14% dari kebutuhan harian yang disarankan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah manggis tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mendorong buang air besar yang reguler pada bumil (ibu hamil) atau pun orang dewasa.

cc: https://health.detik.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 1 =