Kandungan Gizi dalam Tomat

Selamat datang di TEAM ELITE. Hari ini kita akan membahas tentang Kandungan Gizi dalam Tomat.
Apa saja manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan? Seberapa banyak kandungan nutrisi dalam 1 buah tomat?

Nutrisi di dalam satu porsi tomat mentah meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Tomat juga menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, Fosfor dan tembaga.

Tomat mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.

Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan:

  1. Menurunkan Berat Badan
    Tomat dapat membantu menurunkan berat badan sebagai menu diet. Mengkonsumsi banyak tomat ke dalam makan sehari-hari dengan membuatnya sebagai camilan seperti salad, casserole, sandwich dan makanan lainnya. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.
  2. Meningkatkan Kemampuan Mata
    Tomat mengandung antioksidan yang sangat power full yaitu : beta karoten (yang tertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh). Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.
  3. Mengurangi Rasa Sakit
    Jika kemungkinan anda sering mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggung), tomat dapat meringankan rasa sakit ini. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. hal ini termasuk juga pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).
  4. Mencegah Hipertensi
    Mengurangi sodium merupakan salah satu langkah dalam mencegah penyakit hipertensi, namun meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan arah tinggi.
  5. Ampuh Untuk Kanker
    Studi tentang kanker menemukan tomat yang dikombinasikan dengan brokoli saling bersinergi dan dapat membantu mengurangi kanker. Dalam penelitian tersebut memberikan hasil bahwa tumor prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli dibandingkan pada tikus yang diberikan likopen sebagai suplemen atau hanya makan brokoli atau tomat saja.

Manfaat Tomat untuk Kecantikan :

  1. Mencegah Jerawat
    Tomat juga mengandung vitamin E yang dapat digunakan sebagai pencegah jerawat datang kembali di kulit wajah. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menjadikannya masker.
  2. Mengatasi Kulit Berminyak
    Pada kulit yang berminyak, beberapa masalah kulit sering muncul. Jerawat dapat dicegah dengan penggunaan masker tomat setiap seminngu dua kali. Kombinasi kasker tomat dan alpukat juga membantu mengatasi komedo karena keduanya bersinergi dengan zat alami anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.
  3. Mencegah Komedo
    Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang dapat dimanfaatkan dengan tomat. Penyebab utama komedo adalah adanya minyak yang mengendap di kulit wajah. Menjadikan tomat sebagai masker akan sangat efektif mencegah dan menghilangkan komedo.

Dan masih banyak lagi manfaat Tomat yang bisa kalian dapatkan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − five =