Selamat datang di TEAM ELITE, Hari ini kita akan membahas tentang 4 Manfaat Kesehatan dari Mixed Martial Arts (MMA).

Anda pasti sudah sangat familiar atau setidaknya pernah mendengar seni olahraga bela diri seperti karate, taekwondo, kickboxing, jujitsu, tinju, hingga Muay Thai. Sekarang, coba bayangkan semua olahraga itu digabung menjadi satu. Ketika Anda menggabungkan minimal dua atau lebih jenis seni beladiri dalam satu sesi olahraga, ini disebut dengan mixed martial arts atau biasa disingkat MMA.

Dilihat sekilas, MMA tampaknya brutal dan penuh adegan kekerasan. Namun selain untuk pertahanan diri, ternyata MMA memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja efek positif bagi kesehatan yang bisa didapatkan dari MMA?

Manfaat kesehatan dari mixed martial arts (MMA)

  1. Melatih kekuatan tubuh secara total
    Mixed martial arts menggabungkan dua atau lebih olahraga bela diri pilihan Anda. Yang manapun yang Anda gunakan untuk bertanding, Anda akan diharuskan untuk menggunakan hampir seluruh otot tubuh                                                                                                                                                                                                 Secara keseluruhan, MMA yang dilakukan rutin akan meningkatkan stamina, kekuatan otot, fleksibilitas, daya tahan jantung dan paru, keseimbangan dan koordinasi tubuh, konsentrasi, serta kecepatan refleks. Kesemua hal ini pada akhirnya dapat berguna pada kelancaran aktivitas harian di luar ring tanding. Anda juga jadi tak gampang cedera.
  1. Penurunan berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung
    MMA dapat membantu Anda membakar kalori dengan lebih cepat. Satu jam sesi MMA dapat membakar hingga lebih dari 500 kalori. Penurunan berat badan akan mengakibatkan berkurangnya risiko penyakit metabolisme seperti kencing manis dan penyakit jantung.
  1. Meningkatkan rasa percaya diri
    Melalui latihan seni bela diri, kita akan dihadapkan dengan situasi yang membuat stress. Situasi ini kemudian melatih kita untuk mengendalikan emosi negatif seperti rasa takut, keraguan dan kemarahan. Kendali penuh atas tubuh fisik dan mental ini kemudian dapat Anda terapkan ke kehidupan sehari-hari.
  1. Memperbaiki mood
    MMA memiliki efek baik bagi kesehatan mental kita, karena pada dasarnya bela diri sama seperti olahraga umum lainnya. Olahraga rutin dapat membantu membuat mood menjadi lebih baik. Saat olahraga, otak akan mengeluarkan endorfin yang membuat kita merasa bahagia. Endorfin ini tetap aktif dalam tubuh sampai beberapa jam setelah selesai berolahraga. Melakukan seni bela diri dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk melepas stress dan rasa frustasi, sehingga membuat hidup kita lebih bahagia.

Bagaimana, apakah Anda sekarang tertarik untuk mencoba MMA? Kalo tertarik bisa langsung daftar ke TEAM ELITE, karena di TEAM ELITE yang diajarin bukan MMA saja melainkan banyak olahraga lain seperti Muay Thai, Jiu Jitsu, Krav Maga, Boxing, dan masih banyak kelas Fitness lainnya.  Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.

Cr: HelloSehat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × two =