Street workout, Calisthenics

Calisthenics merupakan olahraga yang hanya menggunakan berat badan tubuh kita sendiri tanpa harus menggunakan beban tambahan seperti barbell dan dumbell. Yang kita butuhkan adalah kemauan untuk berolahraga. Walaupun dilakukan tanpa alat pembantu namun hasil yang didapatkan dari Calisthenics tidak kalah dari fitness, tubuh juga akan menjadi atletis dan indah, bahkan bisa dibilang bentuk tubuh yang dihasilkan dari Calisthenics cenderung lebih proporsional.

Tujuan utama Calisthenics adalah membangun dan memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas, kekuatan tubuh, dan meningkatkan kekuatan psikomotor seperti: keseimbangan, koordinasi, dan juga kelincahan.

Manfaat melakukan Calisthenics training:

  1. Tidak Membosankan
    Calisthenics dapat menghilangkan rasa bosen terhadap olahraga yang biasanya hanya memiliki gerakan-gerakan monoton, karena ada ratusan gerakan Calisthenics yang dapat kita kombinasikan untuk latihan kita sehari-hari.
  1. Dapat Dipraktekkan Dimana Saja dan Kapan Saja
    Calisthenics dapat dilakukan dimana saja baik di kantor, rumah, bahkan di tanah. Karena gerakan-gerakan latihan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang merepotkan.
  1. Melatih Otot
    Jika latihan beban di gym hanya berfokus pada salah satu bagian otot, maka Calisthenics berbeda karena Calisthenics dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus, Contoh: gerakan push up, gerakan ini dapat melatih tangan, bahu, dada, punggung dan bahkan perut secara bersamaan.
  1. Praktis
    Latihan Calisthenics tidak memerlukan alat yang mahal atau yang sulit didapat. Gerakan Calisthenics hanya membutuhkan berat tubuh anda. Hanya beberapa gerakan yang membutuhkan alat bantu, itupun hanya sebuah bar untuk pull up dan variasinya seperti: bangku untuk melakukan macam-macam gerakan dips.
  1. Bentuk Tubuh Lebih Proporsional
    Latihan beban Calisthenics dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus sehingga otot-otot tersebut berkembang secara bersamaan dan seimbang. Hal inilah yang membuat tubuh lebih proporsional dengan Calisthenics.

Contoh gerakan Calisthenics:

  1. Push Up Burpees
  2. Pull Up High Knee Running
  3. Sit Up Plank
  4. Dips Squat
  5. Jumping Jack Lunges
  6. Burpees
  7. High Knee Running
  8. Plank
  9. Squat
  10. Lunges

Gerakan yang disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil dari gerakan Calisthenics yang ada. Masih ada ratusan gerakan yang dapat anda pelajari. Gimana? Tertarik untuk mencoba tidak? Kalo tertarik bisa langsung daftar ke TEAM ELITE, karena di TEAM ELITE yang diajarin bukan Calisthenics saja melainkan banyak olahraga lain seperti Muay Thai, Jiu Jitsu, Krav Maga, Boxing, dan masih banyak kelas Fitness lainnya.  Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =