Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Semua orang tahu bahwa manfaat olahraga yang utama adalah membuat tubuh lebih sehat. Selain tubuh yang sehat, tahukah Anda bahwa khasiat olahraga juga baik untuk kesehatan mental?

Meski banyak orang sudah tahu mengenai khasiat olahraga, beberapa orang masih enggan untuk melakukannya. Beberapa kondisi yang membuat masyarakat enggan melakukan olahraga karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Melewatkan waktu berolahraga adalah cara hidup yang tidak sehat di mana keseimbangan aktivitas dengan pola makan dan tidak adanya olahraga bisa mengakibatkan tidak adanya keseimbangan di dalam tubuh.

Kondisi ini mengakibatkan daya tahan tubuh akan menurun dan pola makan yang tidak teratur. Apalagi ditambah dengan pola makanan yang tidak sehat di mana bisa mengakibatkan munculnya penyait-penyakit di dalam tubuh.

Menurut Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona, manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh tidak hanya terkait dengan kondisi fisik, menurutnya manfaat olahraga yang bisa dirasakan adalah membuat pikiran lebih jernih dan mengurangi ketegangan.

Landers mengungkapkan terdapat lima alasan kenapa olahraga baik untuk kesehatan  mental, di antaranya:

1. Olahraga mengurangi stres

Setiap manusia normal pernah mengalami stres atau ketegangan, beberapa faktor yang menimbulkan stres seperti masalah ekonomi, masalah pergaulan atau retaknya hubungan suami istri, urusan kantor yang tidak pernah selesai, ujian akhir yang akan dihadapi, keputusan salah yang telah diambil atau mungkin keragu-raguan untuk mengambil keputusan.

Bagaimana caranya Anda dapat menghindari stres? Jawabannya adalah berolahraga. Manfaat olahraga dapat membantu tubuh mengurangi kegelisahan hingga meredam kemarahan.

Alasannya, saat jantung Anda bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan yang membuat Anda stres. Selain dapat mengalihkan pikiran, manfaat olahraga seperti aerobik juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya Anda dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah.

Aktivitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah berjalan kaki, bersepeda, renang, joging dan yoga.

2. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak

Sudah bukan rahasia lagi kalau kegiatan fisik yang rutin dilakukan bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan tentunya kesehatan mental Anda. Hal ini dikarenakan tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak.

Para ahli sepakat jika otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

3. Olahraga dapat melawan penuaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh adalah mencegah penurunan daya kerja otak pada mereka yang sudah lanjut usia. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki.

Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Hasil terbaik akan didapat dengan berjalan kaki rutin selama sembilan minggu.

4. Penyalur saraf otak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang otak alfa sudah lama diketahui berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti pada waktu bermeditasi.

Gelombang alfa ini terlihat pada seorang yang joging 20 sampai 30 menit. Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

5. Olahraga meningkatkan rasa bahagia

Banyak orang yang terkena depresi memakai obat penenang sebagai jalan keluar. Akan tetapi, obat penenang bukanlah jalan satu-satunya. Jalan menuju kebahagian secara alami dapat diraih dengan menggerakkan tubuh secara rutin.

Manfaat olahraga ini terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang semuanya merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati.

Sebuah survei di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktivitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Universitas Duke mengungkapkan, 60% penderita depresi yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama enam bulan, dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter.

Namun bagi penderita depresi yang berat tentu tidak bisa begitu saja lepas dari obat-obatan. Hanya saja banyak dokter sekarang yang memasukkan kegiatan olahraga dalam resep pengobatan disamping obat penenang medis.

Nah, itulah manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan. Masihkah Anda ragu untuk mendapatkan khasiat olahraga?

 

cc : https://doktersehat.com

7 Olahraga menyenangkan yang nggak bikin capek

Sebagian orang malas berolahraga karena alasan malas capek. Tapi, dengan 7 olahraga ini, dijamin capekmu nggak akan terasa karena kamu udah fokus sama yang lain lagi yaitu kepuasan. Yuk simak 7 olahraga menyenangkan yang nggak bikin capek ini!

 

Berenang

Banyak yang malas berolahraga karena alasan malas berkeringat. Padahal, solusinya gampang banget. Kalau lari dan bermain tennis akan membuatmu berkeringat, hal tersebut nggak berlaku saat berenang, kan? Saat berenang, kamu bakalan berada di dalam air yang malahan bikin kamu adem dan juga segar.

Hiking

Sebagian orang pasti malas untuk lari mengitari komplek di sore hari ataupun ikut CFD-an di hari minggu pagi. Tapi, kalau untuk hiking, kamu pasti semangat dan rela bangun pagi demi cepat-cepat pergi, kan? Meskipun lelahnya hiking itu jauh lebih besar dibandingkan dengan lari dan bahkan saat hiking kamu nggak bisa menyerah gitu aja karena kamu harus turun gunung lagi, tapi banyak orang yang lebih menyukai hiking dibandingkan harus lari sore atau lari pagi.

Nah, salah satu alasan hiking menjadi lebih favorit dibandingkan lari dan olahraga yang lebih mudah lainnya adalah saat hiking kamu nggak cuma bisa berolahraga, tapi juga bisa menikmati pemandangan alam, berkumpul bersama teman dan juga menghirup udara segar.

Jadi, buat kamu yang malas berolahraga, coba deh mulai untuk rutin hiking bareng teman-teman. Paling nggak, sebulan sekali! Sambil travelling, bisa sambil berolahraga juga kan!

Bersepeda

Cara mudah yang bisa kamu lakuin untuk berolahraga adalah bersepeda untuk berangkat dan juga sepulang kerja kalau rumahmu nggak terlalu jauh dari kantor. Usahakan untuk berangkat lebih pagi agar belum ketemu macet, polusi, panas dan juga masih berkesempatan untuk menghirup udara segar. Toh, waktu pergi dan pulangmu nggak kena panas matahari, kan? Jadi kamu bisa jadi lebih nyaman saat bersepeda.

Kalau weekend, coba habisin waktu pagi atau sore untuk mengitari spot-spot menarik di kotamu menggunakan sepeda. Pasti seru!

Panjat tebing

Kegiatan panjat tebing selalu jadi kegiatan yang seru dan menarik. Untuk kamu yang hobi tantangan, pasti panjat tebing jadi salah satu kegiatan yang menjadi favoritmu. Tapi, tanpa kamu sadari, kegiatan panjat tebing juga merupakan salah satu olahraga juga lho yang melatih seluruh bagian tubuh dan juga menjaga keseimbangan. Selain menantang, kalau spot panjat tebingmu berada di alam terbuka, kamu juga berkesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang indah.

Lempar cakram

Mau melampiaskan emosi sekalian berolahraga? Gampang banget. Waktu SD pasti kamu pernah ikut latihan lempar cakram, deh. Lempar Cakram emang nggak terlalu populer di Indonesia. Tapi, lempar cakram ini menarik dan juga bisa membantumu melampiaskan emosi, lho. Selain sehat jasmani, kamu juga bisa sehat rohani.

Gymnastic

Coba sesekali main ke tempat gymnastic, deh. Tempatnya asyik dan menarik, bahkan bukan kayak lagi olahraga, tapi lagi main-main. Untuk pertama kali, mungkin kamu perlu pelatih dulu untuk menghindari hal yang nggak diinginkan. Lama-lama, pasti ketagihan deh karena seru!

Dance

Siapa yang sih yang nggak suka nge-dance? Buat kamu yang malas berolahraga, coba nge-dance aja deh. Berkeringat memang, tapi pasti fun banget, apalagi kalau udah menguasai tariannya dan bahkan ikut turnamen. Biar maksimal, coba ikutan nge-dance-nya gabung sama komunitas. Kalau nge-dance, sih, karena semua badan bergerak, dijamin berat badan turun lebih cepat.

 

 

cc : https://www.shopback.co.id/

4 gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit

Gerakan sederhana untuk mengecilkan  bunc perutit bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa melakukannya di mana saja, karena gerakan-gerakan ini tidak memerlukan alat khusus dan tidak perlu area yang luas.

Selain itu, melakukan gerakan sederhana ini juga tidak akan menghabiskan waktumu karena bisa dilakukan dalam beberapa waktu saja, asalkan sesuai dengan porsi latihan kamu. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan lagi dalam mengatasi perut buncit.

Gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit efektif dilakukan dimana saja. Dengan berbagai langkah yang cukup mudah dilakukan dan waktu yang tidak terlalu lama, kamu bisa mendapatkan kembali perut rata yang tidak buncit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019) tentang gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit

Sit up

Gerakan sederhana yang pertama tentunya adalah gerakan sit up. Sit-up bisa jadi gerakan sederhana yang ampuh mengecilkan perut jika rutin dilakukan. Berikut cara melakukannya:

– Pertama, berbaring telentang di lantai beralas matras.

– Tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai, atau tahan kaki tertekuk menggantung di udara.

– Lalu, silangkan lengan di depan dada, atau menaruhnya di belakang leher atau kepala.

– Angkat bahu kamu menuju langit-langit menggunakan otot perut dan berhenti setelah sampai agak ke atas. Kamu harus memperhatikan agar punggung kamu tidak terangkat, karena hal tersebut bisa menyebabkan otot punggu menjadi tertarik dan cedera.

– Kembalikan tubuh ke posisi berbaring, lalu ulangi lagi.

Cross Crunch

Cross crunch juga bisa dijadikan gerakan sederhana untuk mencegilkan perut selanjutnya. Selain membuang lemak, gerakan sederhana mengecilkan perut ini sekaligus membuat otot paha dan punggung kamu jadi semakin kuat. Begini cara melakukannya:

– Berbaring telentang dengan tangan dan kaki diagonal keluar, sehingga tubuh kamu membentuk huruf “X”.

– Jaga lengan dan kaki lurus, kemudian bawa tangan kanan ke arah kaki kiri kamu, kemudian tangan kiri ke arah kaki kanan kamu, lalu angkat kepala, leher, dan bahu dari tanah.

– Lakukan sebanyak satu set atau 10 repetisi lengkap.

Dalam melakukan Cross Crunch ini, kamu perlu untuk berhati-hati karena walaupun gerakannya sederhana, jika kamu melakukan gerakan yang salah, maka dapat mengakibatkan cedera

Side Plank

Selain sit up, kamu juga bisa melakukan side plank. Berbeda dengan plank biasa, olahraga mengecilkan perut ini akan menantang kamu menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku.

Gerakan ini akan membuat otot inti tubuh, termauk perut dan punggung bekerja lebih keras sehingga postur jadi lebih stabil. Begini cara melakukan side plank:

– Mulai dari salah satu sisi

– Posisi siku tepat berada di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan tubuh.

– Lalu, luruskan kaki kamu dan tumpuk keduanya. Atau kamu bisa juga menempatkan satu kaki lebih ke depan daripada kaki sisi lainnya.

– Selanjutnya, kontraksikan otot perut dengan mengangkat pinggul yang masih menempel dengan lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu hingga kaki.

– Tahan posisi menahan pinggul ini selama 30-45 detik. Kemudian turunkan kembali, dan ulangi beberapa kali.

– Ulangi pada sisi sebaliknya.

Leg Raise

Gerakan sederhana selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah leg raise. Pada gerakan ini, kamu harus bisa menaikkan kaki ke atas tanpa menekuknya sama sekali. Diperlukan kekuatan dari otot perut yang sangat besar di gerakan ini. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

– Berbaring telentang di lantai dengan kedua tangan di kedua sisi kanan dan kiri. Telapak menghadap ke lantai.

– Kemudian arahkan jari tangan kamu terbuka ke luar sambil mengangkat kedua kaki ke atas.

– Naikan kaki hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat dengan lantai. Ketika mengangkat kaki, jangan sampai lutut menekuk

– Tahan pose ini selama beberapa detik.

– Perlahan turunkan kaki kamu ke lantai.

– Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 set dengan pengulangan 10 kali tiap setnya.

 

 

cc : https://hot.liputan6.com