6 Makanan yang berbahaya Jika dikonsumsi saat perut kosong

Saat terbangun dari tidur, terkadang hal pertama yang kita rasakan adalah rasa lapar. Namun cenderung kita asal memakan apapun agar rasa lapar itu hilang.
Padahal ada beberapa makanan yang berbahaya jika dikonsumsi saat perut kita kosong. Hal ini bisa memperparah penyakit yang sudah dimiliki atau malah menimbulkan penyakit.

Dikutip dari Bright Side, berikut 6 makanan yang tidak bisa dikonsumsi saat perut kosong setelah bangun tidur:

1. Minum kopi

Minum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang, namun kafein dalam kopi menstimulasi produksi asam yang bisa menyebabkan mulas ataupun masalah pencernaan lainnya apabila diminum saat perut kosong. Apalagi jika diminum tanpa sarapan terlebih dahulu bisa menyebabkan kekurangan serotonin dan mood yang buruk seharian. Jika kamu tak bisa menyingkirkan kebiasaan tersebut, konsumsi kopi dengan susu atau krim karena lemak dalam susu bisa mengurangi efek negatif.

2. Minum alkohol

Tanpa mengisi perut terlebih dahulu, penyerapan alkohol akan meningkat bagaikan diinfus. Efek yang sangat cepat dari alkohol pada tubuh tidak bisa pergi begitu saja tanpa menyebabkan konsekuensi pada hati, jantung, dan ginjal. Hindari alkohol saat perut kosong, atua setidaknya, isi perutmu dengan roti lapis kecil, pastikan menggunakan mentega.

3. Mengunyah permen karet

Asam pencernaan yang terproduksi saat kamu mengunyah permen karet bisa merusak dinding perut yang kosong, atau bahkan terlalu banyak permen karet bisa menyebabkan gastritis. Secara ilmiah dapat dibuktikan bahwa orang yang kerap mengunyah permen karet lebih sering memilih makanan yang tidak sehat. Jika kamu tetap ingin mengunyah permen karet, pilih yang menggunakan pemanis alami seperti xylitol atau sorbitol dan jangan kunyah lebih dari 10 menit.

4. Kembali tidur

Rasa lapar dan kadar glukosa rendah bisa membuat kit kesulitan tidur dan membuat kita tisur tak nyenyak. Kurang tidur akan berdampak pada kadar hormon lapar, inilah alasannya mengapa kita makan lebih banyak jika kita melewatkan makan malam. Namun jangan makan banyak sebelum tidur, setidaknya minumlah segelas susu yang mengandung magnesium dan kalsium yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

5. Olahraga intens

Ada pemahaman yang salah soal berolahraga dalam perut kosong bisa membakar kalori lebih banyak, padahal faktanya tidak. Malah justru bisa membuatmu kehilangan massa otot dan membuatmu kekurangan energi. Gantilah dengan latihan aerobik dan pastikan kamu memakan sedikit cemilan sehat sebelum berolahraga pagi karena aktivitas fisik memicu produksi asam lambung yang berbahaya pada perut kosong.

6. Minum jus asam

Asam dan serat kuat yang terkandung dalam buah asam seperti jeruk atau lemon bisa mengiritasi perut kosong, sangat bahaya apabila kamu mengidap masalah lambung atau pencernaan. Setidaknya campurkan jus asam dengan air dengan rasio 1:1 atau 2:1.

 

Cc :health.detik.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − two =