6 Makanan dan Minuman yang bisa bantu meredakan nyeri haid

Bagi sebagian besar perempuan yang telah memasuki masa haid atau menstruasi pasti pernah merasakan yang namanya nyeri. Nyeri di sekitaran area perut merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami perempuan saat sedang haid. Ada berbagai faktor yang menyebabkan rasa nyeri haid ini seperti perubahan hormon.

Kondisi ini kerap kali mengganggu aktivitas perempuan sehari-hari. Nah, untuk mengatasi nyeri haid, umumnya perempuan kerap mengonsumsi obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas untuk meringankan rasa nyerinya. Selain itu, perubahan pola makan dan olahraga juga ditemukan dapat mencegah terjadinya nyeri haid.

Nah, untuk mencegah nyeri haid, ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (25/7/2019) telah mengumpulkan beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri haid.

Cara meredakan nyeri haid paling mudah yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi air hangat. Cara yang paling mudah dan murah ini ampuh banget untuk meredakan nyeri haid.

1.Air hangat

Air hangat mampu mendetoksi tubuh dengan baik dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar tak terkecuali saat haid. Selain meredakan nyeri haid, mengonsumsi air hangat selama masa haid juga bisa meredakan kembung.

2.Jus nanas

Selain air hangat, saat sedang merasakan nyeri haid kamu juga bisa mengonsumsi jus nanas untuk meredakannya. Pada buah nanas mampu meredakan nyeri karena terdapat kandungan bromelain yaitu enzim yang dapat meredakan peradangan, termasuk ketegangan otot yang menyebabkan nyeri haid.

Namun perlu diperhatikan, untuk tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

3.Pisang

Mengalami sulit tidur menjelang haid juga merupakan salah satu gangguan yang kerap dirasakan. Ternyata, hal ini bisa berdampah memperparah rasa sakit atau kram pada saat haid. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi pisang saat sedang haid guna membantu meredakan nyerinya.

Adanya kandungan potassium dan vitamin pada pisang dapat meningkatkan mood dan juga pergerakan otot. Disarankan untuk mengonsumsi satu hingga dua buah pisang dalam sehari saat haid untuk mendapatkan manfaatnya.

4.Sayuran hijau

Berbagai macam sayuran hijau sudah dikenal memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Begitu juga jika ingin memperoleh manfaatnya saat sedang haid. Dimana berbagai macam nutrisi pada sayuran hijau ini dapat meringankan kram perut atau nyeri haid.

Kandungan pada sayuran hijau yang mampu meredakan nyeri haid adalah kalsium, magnesium, dan kalium. Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi, hingga kubis.

5.Gandum

Suasana hati perempuan saat haid memang kerap naik turun. Menurut studi Archives of Internal Medicine, untuk meningkatkan suasana hati perlu untuk melakukan diet rendah karbohidrat. Nah, untuk memenuhi kebutuhan kerbohidrat dalam tubuh ganti dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum.

Selain itu, dengan mengonsumsi gandum selama haid juga mampu meringankan nyeri. Pasalnya dalam gandum terkandung magnesium, yaitu zat yang mampu meredakan kram dan nyeri. Adanya kandungan vitamin B dan E pada gandum juga mampu mengurangi rasa lemah.

6.Ikan yang mengandung Omega-3

Mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 juga mampu mengurangi nyeri haid. Mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 cenderung mengalami nyeri haid lebih ringan dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Kamu bisa mendapatkan manfaat omega-3 ini dengan mengonsumsi salmon, ikan kembung, dan makarel.

 

cc : https://hot.liputan6.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 18 =