Manfaat Brazilian Jiu Jitsu untuk Kesehatan

Selamat datang di TEAM ELITE. Hari ini kami akan membahas dan membagi-bagi informasi tentang manfaat Brazilian Jiu Jitsu untuk kesehatan kita.

Brazilian Jiu Jitsu atau yang biasa kita sebut BJJ adalah olahraga bela diri yang berasal dari Jepang. Olahraga ini kemudian dikembangkan dan dipopulerkan di Brazil. Teknik yang digunakan cukup unik, fokus tekniknya adalah pada teknik cekikan dan kuncian di lantai yang berfungsi untuk melumpuhkan lawan.

Menurut pelatih Brazilian Jiu Jitsu, May Metina, olahraga ini sangat bagus untuk perempuan, karena tidak hanya untuk melatih pertahanan diri tetapi juga sangat ampuh untuk membentuk tubuh yang ideal dan fit.

Berikut ini manfaat Brazilian Jiu Jitsu:

  1. Membakar Lemak

Dengan melakukan satu kali sesi latihan BJJ kita dapat membakar 400-700 kalori. Cocok banget untuk yang sedang menjalani progam diet. Yang ingin memiliki tubuh ideal.

  1. Mengurangi Stres

Dalam olahraga BJJ terdapat senyawa endorphin yang dapat memunculkan rasa senang dan menghilangkan stress.

  1. Meningkatkan Stamina

Dalam teknik Jiu Jitsu seluruh anggota tubuh bergerak sehingga akan meningkarkan kebugaran, sistem metabolisme tubuh juga dapat bekerja dengan baik, dan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak gampang jatuh sakit.

  1. Menambah Keberanian

Setelah melakukan latihan BJJ, otomatis kemampuan bela diri juga bertambah. Secara tak langsung proses ini menumbuhkan rasa berani dalam diri anda.

  1. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Teknik Jiu Jitsu berfokus pada kuncian di lantai yang mengandalkan kecepatan gerak untuk melumpuhkan lawan. Karena itu, Jiu Jitsu dapat melatih fleksibilitas tubuh anda dalam bergerak.

  1. Melatih Mental Fokus

BJJ menggunakan teknik yang membutuhkan latihan khusus. Berlatih perpaduan teknik tendangan, bantingan, pukulan, kuncian secara bersamaan membutuhkan fokus dan keterampilan khusus. Karena itu, setiap peserta wajib berkonsentrasi.

  1. Mengencangkan Otot

Gerakan BJJ menggunakan hampir semua anggota tubuh. Gerakan-gerakan pemanasan untuk menguatkan otot-otot seperti push up, berlari, sit up, dll dilakukan dalam olahraga ini berguna membuat otot lebih kuat.

  1. Menguasai Bela Diri

Berbeda dengan seni bela diri yang lain, pelatihan BJJ akan mengajarkan anda bagaimana memanfaatkan kekuatan lawan untuk melumpuhkannya.

 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + ten =